Penyebab Sering Terkena Sariawan Pada Mulut

Diposkan oleh : pada tanggal 3 Dec. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Sariawan disebut juga sebagai stomatitis adalah terjadinya perlukaan atau lesi terhadap mukosa (selaput lendir) mulut yang ditandai dengan bercak warna putih kekuningan dan terjadi cekungan pada permukaan area yang terkena sariawan. Sariawan bisa muncul lantaran banyak penyebabnya bahkan dengan frekuensi sariawan yang berbeda-beda. pada beberapa orang, penyakit sariawan ini dapat sering terjadi.

Penyebab Sering Terkena Sariawan Pada Mulut

Sariawan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh lantaran menyebabkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan seperti nafsu makan yang menurun, susah mengunyah makanan, asupan makanan yang masuk ke dalam mulut tak bisa diolah dan dihaluskan dengan cara benar dan dapat berujung pada kekebalan tubuh yang menurun akibat asupan makanan yang berkurang.

Berikut ini penyebab sariawan pada mulut diantaranya:

Menderita penyakit tertentu

Menderita penyakit berbahaya tertentu bisa jadi penyebab sering sariawan. Hal tersebut antara lain ialah tumor/kanker rongga mulut, hemofilia (kelainan bawaan berupa gangguan dalam pembekuan darah) penyakit HIV/Aids atau penyakit yang lain yang berhubungan dengan system daya tahan tubuh.

Alergi zat tertentu

Pada beberapa orang mungkin alergi pada zat-zat tertentu maka bisa memunculkan sariawan. Alergi ini mampu dikarenakan akibat pemakaian lipstik yang tak cocok, pasta gigi, makanan atau zat lain yang memicu alergi dikala berada di rongga mulut penderitanya.

Konsumsi makanan tertentu

Mengkonsumsi makanan tertentu yakni salah satu penyebab sariawan. Makanan yang dapa memicu timbulnya sariawan adalah makanan atau minuman yang terlalu panas atau pedas. Jenis makanan yang manis-manis seperti cokelat atau permen jikalau menempel di gigi atau rongga mulut dan jarang dibersihkan, sehingga mampu mengakibatkan tumbuh kembang kuman yang salah satunya mampu memunculkan sariawan.

Efek pemasangan kawat gigi

Pemasangan kawat gigi lebih sering memunculkan dampak yakni lebih sering terserang sariawan. Faktor ini disebabkan lantaran cara pemasangan lawat gigi bisa memunculkan luka terhadap bagian gusi dan rongga mulut. tidak hanya itu, pemasangan kawat gigi tidak dengan diiringi bersama perawatan kesehatan rongga mulut yang lebih ekstra masih sering memicu timbulnya sariawan.

Infeksi bakteri

Sariawan juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. infeksi bakteri ini mampu muncul pada umumnya lantaran kurangya kebersihan gigi dan mulut maka beragam kuman dan plak bersarang di dalam rongga mulut. Kuman tersebut bakal tumbuh di dalam mulut dan terjadi proses infeksi maka memunculkan sariawan.

Kekurangan zat nutrisi penting

Sariawan dapat disebabkan oleh cacat zat nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B12, zat besi dan asam folat. Oleh sebab itu konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin v12, zat besi dan asam folat .

Trauma pada daerah rongga mulut

Penyebab sariawan pada mulut dapat juga disebabkan oleh trauma pada daerah rongga mulut. Trauma pada daerah mulut yakni sebuah keadaan terjadinya luka terhadap daerah rongga mulut yang diakibatkan dikarenakan tergigit waktu mengunyah makanan atau terkena alat makan disaat sedang makan. Kemudian luka tersebut berkembang jadi sariawan.

Itulah beberapa penyebab sering terkena sariawan pada mulut, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat.

Baca juga:

Penyakit Yang Menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sering Terkena Sariawan Pada Mulut Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sariawan disebut juga sebagai stomatitis adalah terjadinya perlukaan atau lesi terhadap mukosa (selaput lendir) mulut yang ditandai dengan bercak warna putih kekuningan dan terjadi cekungan pada permukaan area yang terkena sariawan. Sariawan bisa muncul...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *