Kulit Gatal-Gatal Setelah Mandi ? Mungkin Ini Penyebabnya

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Oct. 2017 Kategori kesehatan

Kulit Gatal-Gatal Setelah Mandi ? Mungkin Ini Penyebabnya,- Pada dasarnya kita perlu mandi setiap harinya untuk menghilangkan bau, kotoran, dan sel-sel kulit yang sudah mati pada tubuh. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta memeprtahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, biasanya kita akan merasa segera, bersih, dan santai.

Namun, bagaimana jika kulit terasa gatal-gatal meskipun telah mandi ? Memang hal ini sering terjadi pada sebagian orang. Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh. Akan tetapi, pasti ada alasan dibalik kondisi tersebut.

Berikut ini kemungkinan penyebab kulit gatal-gatal setelah mandi yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Dermatitis kontak

Ini merupakan kondisi iritasi yang dipicu oleh kontak kulit dan bahan tertentu. Misalnya saja bahan kimia pada sabun, shampo, dan produk perawatan buatan. Bisa juga akibat sisa detergen yang menempel pada handuk, pewangi pakaian, dan bahan lain yang dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih mudah iritasi. Terlebih lagi jika kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif.

Jika demikian, maka sebaiknya hindari bahan-bahan yang mungkin bisa memicy timbulnya rasa gatal di kulit tersebut. Jangan menggaruk dengan keras, pasalnya dapat menyebabkan kulit makin iritasi. Gunakan losion penghilang gatal sekaligus yang mencegah alergi.

  • Aquagenic pruritus

Gatal akibat kondisi lembab dan air yang mengenai kulit cukup bikin repot. Ketika digaruk, maka gatalnya akan semakin parah. Biasanya kondisi ini disusul dengan kemerahan pada kulit, benjol kecil, lecet, kulit bersisik. Jika begitu, maka jangan mandi atau terkena air dalam waktu yang lama. Hindari juga kelembaban dan berkonsultasilah dengan dokter.

  • Kulit kering

Mandi dan menggunakan sabun dengan bahan kimia yang pekat dapat membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembaban alaminya. Jika kulit kering, sebum atau lemak alaminya hilang, maka iritasi akan mudah terjadi. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan gatal-gatal, serta kulit berpotensi mengalami eksim. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka gunakan pelembab kulit segera setelah mandi agar kulit tidak lagi iritasi.

Baca juga : Tips Memilih Sabun Bagi Penderita Eksim

  • Alergi

Reaksi alergi pada kulit akan menimbulkan rasa gatal. Jika gatal-gatal terjadi setelah mandi, kemungkinan Anda memiliki alergi terhadap sesuatu yang digunakan saat mandi. Misalnya, sabun, sampo, atau perlengkapan mandi lainnya.

Agar aman, gantu sabun dan sampo Anda dengan produk yang aman bagi kulit sensitif serta tidak mengandung terlalu banyak bahan seperti alkohol dan parfum. Kemudian, periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mencegah kondisi yang dialami kulit semakin parah.

By Sri Maryati

Kulit Gatal-Gatal Setelah Mandi ? Mungkin Ini Penyebabnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kulit Gatal-Gatal Setelah Mandi ? Mungkin Ini Penyebabnya,- Pada dasarnya kita perlu mandi setiap harinya untuk menghilangkan bau, kotoran, dan sel-sel kulit yang sudah mati pada tubuh. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *