Penyebab Kanker Serviks

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Nov. 2014 Kategori Masalah Kesehatan

Tips Sehat Online,- Penyebab kanker serviks atau lebih dikenal dengan sebutan kanker leher rahim adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV).  Saat ini terdapat 138 jenis HPV  yang sudah dapat teridentifikasi yang 40 di antaranya dapat ditularkan lewat hubungan seksual. Beberapa tipe HPV virus risiko rendah jarang menimbulkan kanker, sedangkan tipe yang  lain bersifat virus risiko tinggi.  Baik tipe risiko tinggi maupun tipe risiko  rendah dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pada sel tetapi pada  umumnya hanya HPV tipe risiko tinggi yang dapat memicu kanker.

penyebab kanker serviksDi Indonesia, Kanker Serviks adalah kanker pembunuh perempuan Indonesia No.1 tertinggi saat ini. Setiap perempuan selama hidupnya beresiko terkena virus yang menyebabkan kanker serviks, terutama beresiko tinggi bagi mereka yang merokok, melahirkan banyak anak, memakai alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama, serta mereka yang terinfeksi HIV Aids.

Seperti pada umumnya kanker, kanker serviks ini terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Akan tetapi, sebelum sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal tersebut sebelum berubah menjadi sel kanker.

Sel-sel yang abnormal tersebut dapat dideteksi kehadirannya dengan suatu tes yang disebut Pap Smear Test, sehingga semakin dini sel-sel abnormal tadi terdeteksi, semakin rendah lah resiko seseorang menderita kanker leher rahim. Pap Smear adalah suatu tes yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Pemeriksaan Pap Smear Test yang teratur sangat diperlukan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya Kanker Serviks pada diri seorang wanita.

Secara umum tanda dan gejala dari kanker serviks adalah terjadinya perdarahan vagina setelah aktivitas seksual atau diantara masa menstruasi. Sementara itu tanda lain yang mungkin timbul antara lain;

  • Hilangnya napsu makan dan berat badan
  • Nyeri tulang panggul dan tulang belakang
  • Nyeri pada anggota gerak (kaki)
  • Terjadi pembengkakan pada darah kaki
  • Keluarnya feaces menyertai urin melalui vagina
  • Hingga terjadi patah tulang panggul

Nah, mudah-mudahan dengan Anda mengetahui sedikit informasi pengenai penyebab kanker serviks ini dapat membantu Anda agar lebih waspada serta dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin untuk menekan tingkat pasien kanker serviks di Indonesia. Semoga kita selaku kaum wanita dapat diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan-Nya. Terima kasih atas perhatian dan kunjungan Anda pada website kami, salam!

Penyebab Kanker Serviks Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Penyebab kanker serviks atau lebih dikenal dengan sebutan kanker leher rahim adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV).  Saat ini terdapat 138 jenis HPV  yang sudah dapat teridentifikasi yang 40 di antaranya...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *