Penyebab Gula Darah Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Jan. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

gula darah tinggiTips Sehat Online,- Gula darah tinggi yang dikenal sebagai hiperglikemia, merupakan ancaman bagi kesehatan yang sangat serius. Seseorang yang bermasalah dengan kadar gula darah yang tinggi rentan terhadap masalah ginjal, penyakit jantung, dan berbagai macam lainnya.

Secara medis, gagalnya pengaturan fula darah adalah penyebab utama penyakit diabetes melitus. Pada penderita diabetes, tubuh mereka tak bisa mengontrol tingkat gula darah (glukosa) secara otomatis karena tubuh tak cukup insulin sehingga gula darah ini menjadi racun bagi tubuh. Bagi penderita stadium lanjut, kerusakan organ bisa terjadi. Gula darah tinggi dapat disebabkan oleh berbagai hal yang diantaranya kurang olahraga, adanya gangguan pada pankreas, dll.

Penyebab Gula Darah Tinggi

1).Karbohidrat

Mengkonsumsi banyak karbohidrat atau bentuk lain dari gula bisa menyebabkan gula darah tinggi. Tubuh tidak sanggup memproses karbohidrat  yang berlebih menjadi energi dengan cepat, sehingga tingkat gula darah bisa meningkat dalam waktu yang singkat.

2).Makanan manis

Terlalu banyak mengkonsumsi makanna yang mengandung banyak gula, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin untuk memproses gula tersebut. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak membran seluler yang membuka untuk penyerapan glukosa darah ke dalam sel.

3).Kontrol insulin

Kurangnya produksi insulin dalam tubuh

4).Stress

Susasan hati/ pikiran yang tidak stabil juga bisa sangat berpengaruh terhadap gula darah dan menyebabkan tingginya kadar gula darah.

5).Resistensi insulin

Orang yang mengalami resistensi insulin, hanya sedikit membran sel yang terbuka sehingga tidak mampu mendeteksi insulin dengan baik. Sehingga, glukosa serta insulin akan tetap utuh dalam darah sementara beberapa sel akan kekurangan asupan glukosa.

6).Kurangnya olahraga

Kurang olahraga bisa menyebabkann tingginya gula darah dan olahraga teratur setiap hari bisa membantu mengatur tingkat gula dalam darah.

7).Gangguan pada pankreas

Sel-sel pankreas berfungsi melepaskan insulin dalam darah tetapi sel-sel ini dapat melemah jika jumlah insulin yang diproduksi berlebihan, misalnya karena terlalu banyak makan makanan manis. Saat sel-sel pankreas kelelahan, maka sel-sel tersebut tidak mampu menghasilkan insulin yang diperlukan untuk memproses glukosa, bahkan dalam tingkat normal sekalipun. Hal inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

8).Infeksi, penyakit dan operasi

Ketika mengalami sakit atau menjalani operasi, kadar gula dalam darah biasanya naik lebih cepat dibandingkan pada orang yang tidak sakit atau mengalami sakit.

9)Obat-obatan

Mengkonsumsi beberapa jenis obat, seperti steroid juga mampu mempengaruhi tingkat gula darah.

Sumber : (gosehat.com)

Penyebab Gula Darah Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Gula darah tinggi yang dikenal sebagai hiperglikemia, merupakan ancaman bagi kesehatan yang sangat serius. Seseorang yang bermasalah dengan kadar gula darah yang tinggi rentan terhadap masalah ginjal, penyakit jantung, dan berbagai...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *