Penyebab Dan Gejala Hemoglobin Rendah

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Mar. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Penyebab Dan Gejala Hemoglobin Rendah,- Hemoglobin yaitu suatu bentuk protein yang terdapat dalam sel darah merah. Ini yakni komponen pigmen yang mempunyai kandungan yang kaya akan zat besi. Fungsi penting hemoglobin ialah mengikat oksigen yang kita hirup & juga sebagai alat transfortasi ke beragam bidang badan. Melokul hemoglobin mengalami oksigenasi untuk menempa senyawa stabil bernama oksihemoglobin. Ketika oksihemoglobin mencapai tempat-tempat dimana tingkat konsentrasi oksigen rendah & karbondioksida lebih tinggi, oksihemoglobin melepaskan molekul oksigen untuk menggantikan karbondioksida.

penyebab dan gejala hemoglobin rendah 02

Tingkat hemoglobin normal

Bayi baru lahir : 17-22 gm
Anak-anak : 11-13 gm
Laki Laki dewasa : 14-18 gm
Perempuan dewasa : 12-16 gm
Laki Laki lansia : 12,4-14,9 gm
Perempuan lansia : 11,7-13,8 gm

Penyebab Hemoglobin Rendah

  • Salah satu penyebab paling umum yaitu kekurangan gizi. Hemoglobin rendah bisa disebabkan lantaran kekurangan vitamin, terutama kekurangan vitamin B12.
  • Anemia defisiensi zat besi disebabkan dikarenakan kekurangan zat besi dalam makanan. Kekurangan zat besi secara langsung mempengaruhi produksi hemoglobin, maka itu bisa menyebabkan kesalahan dalam proses produksi dari molekul hemoglonin. Faktor ini menyebabkan tingkat hemoglobin yang rendah lantaran molekul gemoglobin dihasilkan jadi berkurang jumlahnya.
  • Setiap keadaan dimana terjadi perdarahan yang berlebihan, seperti wasir berdarah, perdarahan kala melahirkan, perdarahan berat disaat menstruasi, kecelakaan, dapat menyebabkan penurunan pada sel darah merah yang akhirnya menyebabkan hemoglobin rendah.
  • Setiap jenis ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin.
  • Pada penderita gangguan limpa maupun anemia pernisiosa , terdapat kerusakan yang tak mestinya pada sel darah merah. Hal ini menyebabka penurunaan jumlah sel darah merahyang mengarah ke tingkat hemoglobin rendah.
  • Penyakit kronis seperti infeksi ginjal jangka panjang mengakibatkan gagal ginjal & kanker pun menyebabkan tingkat hemoglobin rendah. Infeksi usus tertentu & penyakit autoimun seperti lupus eritematosus sistemik bisa juga menyebabkan hemoglobin rendah.
  • Meningkatnya kegiatan fisik. Seseorang yang mempunyai bermacam macam aktivitas bisa mengakibatkan tubuh jadi kelelahan & kurang mendapatkan istirahat. Hal ini mampu memicu penyebab Hb rendah hingga jadi menurun dalam darah.
  • Dehidrasi. Dehidrasi atau biasa dikenal dengan kurangnya cairan dalam tubuh bisa disebabkan oleh beragam macam aktivitas & gerakan berat seperti berolahraga yang tak diimbangi asupan cairan yang cukup dalam tubuh. Akibat kurang minum yang terus-menerus dibiarkan dapat mengakibatkan timbulnya gejala penurunaan kadar hemoglobin dalam darah yang ditandai dengan kelelahan , pusing, mata berkunang-kunang & beberapa keadaan yang lain.
  • Kehamilan. Selama kehamilan seorang perempuan amat rentan mengalami gangguan rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah. Hal ini karena kurangnya asupan makanan yang mengandunga asam folat & dalam tubuhnya. Tatkala 6 bulan pertama kehamilan, bagian cairan darah perempuan membutuhkan peningkatan jumlah sel darah merah dengan lebih cepat. Ini akan mengencerkan darah & dapat jadi penyabab hb rendah pada ibu hamil jadi menurun. Baca juga : Faktor Penyebab Naik Turunnya Tekanan Darah
  • Faktor penyebab Hancurnya sel darah merah dalam tubuh. Faktor-faktor yang jadi alasan mengapa tubuh menghancurkan terlalu banyak sel darah merah yakni terjadinya pembesaran limpa. Pada saat terjadi pembesaran limpa dalam tubuh, maka hal itu akan menghilangkan lebih banyak sel-sel darah merah lebih dari biasanya. faktor inilah yang jadi penyebab hb rendag dalam darah. Keadaan lain yang akan menyebabkan hancurnya sel-sel darah merah dalam tubuh ialah anemia hemolitik , anemia sel tsabit ataupun kekurangan enzim yang akan menciptakan sel-sel darah merah lebih cepat mati.

Gejala Hemoglobin Rendah

Seseorang dengan kadar hemoglobin yang rendah bisa ditandai oleh beberapa gejala seperti :

  • Gampang merasa kelelahan
  • Perubahan terhadap warna kulit jadi pucat
  • Dapat mengalami sesak napas
  • Sering mengalami pusing
  • Terjadinya lerontokan pada rambut
  • Pembengkakan yang terjadi pada lengan & kaki
  • Keluarnya keringat secara BerlebihanTimbulnya darah pada tinja pada waktu buang air besar
Penyebab Dan Gejala Hemoglobin Rendah Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Dan Gejala Hemoglobin Rendah,- Hemoglobin yaitu suatu bentuk protein yang terdapat dalam sel darah merah. Ini yakni komponen pigmen yang mempunyai kandungan yang kaya akan zat besi. Fungsi penting hemoglobin ialah mengikat oksigen...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *