Penyebab Dada Sesak Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Jun. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Dada sesak adalah gangguan kesehatan yang bia menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian dada. Sesak dada mempunyai banyak penyebab yang berbeda, dimana sebagian besar penyebab merupakan hal yang disengaja.

Dada sesak selain menimbulkan ketidaknyamanan pada dada, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya jika tidak dihilangkan misalnya brokitis atau pneumonia. Bila anda sering mengalami dada sesak sebaiknya periksakan pada dokter supaya anda mendapatkan penanganan yang tepat dan supaya sesak dada tidak semakin parah.

Penyebab Dada Sesak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab sesak dada yang harus anda ketahui

Tersedak

Salah satu penyebab dada sesak yaitu tersedak. Benjolan makanan yang menghalangi saluran udara membuat pasokan oksigen ke dalam tubuh menjadi kurang, yang pada akhirnya mengakibatkan sesak di dada.

Adanya benda asing yang menyumbat di saluran nafas

Studi sudah menunjukan bahwa makanan semi padat adalah salah satu penyebab pada sebagian besar kasus asphyxiations, terutama dikalangan orang tua. Asfiksia yang disebabkan oleh makanan atau benda asing pada orang tua ditandai dengan sesak nafas yang terjadi secara signifikan.

Keracunan karbon monoksida

Keracunan karbon monoksida (CO) bisa terjadi saat gas karbon menoksida terhirup oleh saluran pernafasan kita. Gas CO bisa mengganggu kemampuan darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh yang mana hasilnya bisa menimbulkan gejala mual, kejang, sakit kepala dan juga bisa menimbulkan kematikan akibat sesak napas.

Tercekik

Dada sesak juga bisa disebabkan oleh hasil dari cekikan yang bisa disengaja ataupun tidak disengaja. Cekikan bisa menjadi penyebab dada sesak dan menghambat pasokan oksigen dalam tubuh seseorang serta kompresi saluran nafas, sehingga seringkai menimbulkan kematian.

Croup

Croup merupakan salah satu infeksi aluran pernafasan penyebab sesak dada yang ditandai dengan adanya batuk Tingkat keparahan gangguan croup sulit untuk dideteksi, walaupun batuk yang terjadi terlihat semakin memburuk.

Gejala yang menandai dada sesak

  • Kesulitan ketika bernafas
  • Denyut nadi menjadi cepat
  • Mengalami tekanan darah tinggi
  • Kejang
  • Terjadi kelumpuhan
  • Koma

Cara mengatasi dada sesak

Berkumur

Berkumur dapat membantu memecah lendir saluran napas. Sediakan dahulu bahan-bahannya diantaranya 1-2 sendok makan garam, kunyit dan setengah cangkir air hangat. Masukan 1-2 sendok makan garam dan sedikit kunyit ke dalam cangkit air hangat. Aduklah campuran bahan tersebut untuk melarutkan garam, lalu kumur-kumur ramuan ini dan jangan ditelan.

Langkah penguapan

Cara kerjanya mirip dengan meminum cairan panas yaitu dengan memanfaatkan panas dan kelembapan uap untuk membantu melarutkan dan memecah lendir di paru-paru dan tenggorokan bagian dalam. Lakukan mandi dengan air panas atau tuangkan air panas ke dalam mangkuk. Dan posisikan wajah diatas mangkuk dan letakkan handuk diatas kepala supaya uap panasnya terperangkap. Tahab posisi ini semampu anda dan lakukan pernapasan dalam saat anda melakukannya.

Tinggikan kepala

Caranya gunakan beberapa bantal supaya posisi kepala sedikit lebih tinggi daripada tubuh. Meninggikan kepala akan membantu meningkatkan keluarnya lendir dan mencegah penimbunan lendir di malam hari.

Lakukan yoga ringan

Ada beberapa poses yoga yang dapat membantu membuka saluran udara dan mengeluarkan lendir. Caranya menempatkan bantal atau guling di atas lantai di sepanjang tulang belakang. Berbaringlah di bantal sehingga tubuh atau kepala berada di posisi yang lebih tinggi daripada kaki, lalu tekuk lutut anda. Hamparkan kaki atau lutut secara mendatar pada lantai dengan lutut tetap ditekuk dan kedua telapak kaki saling bersentuhan.

Kompres panas

Tempelkan kompres panas atau kain yang dicelupak air panas pada dada dan tenggorokan untuk membantu meredakan dada sesak dan menghangatkan saluran udara dari luar. Berbaringlah dengan kepala terangkat dan biarkan panasnya meresap melalui kulit selama 10-15 menit.

Gunakan alat pelembab ruangan saat tidur di malam hari

Menggunakan alat pelembab ruangan saat anda tidur di malam hari dapat membantu membuka saluran hidung supaya anda dapat bernapas dengan lebih mudah.

Itulah informasi tentang penyebab dada sesak dan cara mengatasinya.

Penyebab Dada Sesak Dan Cara Mengatasinya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dada sesak adalah gangguan kesehatan yang bia menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian dada. Sesak dada mempunyai banyak penyebab yang berbeda, dimana sebagian besar penyebab merupakan hal yang disengaja. Dada sesak selain menimbulkan ketidaknyamanan pada dada,...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *