Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Nov. 2015 Kategori Tips Sehat

Kenapa Bisa Cegukan? Ini Dia Penyebabnya!

Tiap-tiap orang tentu sempat merasakan cegukan. Cegukan biasa terjadi dengan cara tiba-tiba atau pun dikala kita sedang mengunyah. Cegukan kadang hanya terjadi beberapa kali sebelum akhirnya reda sendiri, namun kadang cegukan pun mampu berlangsung berulang-ulang dan membuat kita merasa lelah. Sebenarnya, apa ya yang membuat kita cegukan?

Cegukan yang dikenal dalam dunia medis dengan istilah singultus ini terjadi lantaran adanya kontraksi yang terjadi dengan cara tiba-tiba terhadap daerah diafragma dan terjadi berulang. Keadaan seperti ini bakal menyebabkan adanya celah antara pita suara yang tertutup, tapi udara masih tetap dapat lewat.

Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Keadaan inilah yang hasilnya menimbulkan bunyi ‘hik’ seperti tersentak tiap-tiap kali kita cegukan. Tidak Hanya itu, cegukan pun dapat berlangsung karena sebab-sebab berikut ini, yuk simak!

  1. Tubuh Kekurangan Cairan
    Kondisi cegukan dapat berlangsung ketika tubuh kekurangan asupan cairan yang menyebabkan makanan tak sepenuhnya terdorong ke dalam perut. Oleh sebab itu, supaya tidak mengalami cegukan Kamu perlu menjaga ketercukupan cairan dalam tubuh.
  2. Makan Tergesa-gesa
    Seandainya Kamu makan sambil tergesa-gesa atau makan dengan diselingi berbicara dengan cepat, Kamu kemungkinan besar akan mengalami cegukan. Hal ini disebabkan masuknya oksigen yang mendesak dengan cara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang bisa mempengaruhi kondisi diagfragma. Dan di sinilah terjadi sedak yang diikuti dengan cegukan.
  3. Perubahan Suhu
    Perubahan suhu ekstrim dengan cara tiba-tiba dapat berpotensi menyebabkan cegukan. Oleh sebab itu, kita tak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan panas dan minuman dingin dengan cara bersamaan.
  4. Rasa Makanan
    Seandainya kita tidak tahan dengan rasa pedas tapi masih memaksakan untuk makan masakan pedas, kita juga kemungkinan besar akan mengalami cegukan. Sama halnya dikala kita mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu asin. Factor ini akan memicu terjadinya kontraksi mendadak pada diafragma yang dapat mengakibatkan kita mengalami cegukan.

Nah, itulah beberapa penyebab yang menjadikan kita mengalami cegukan. Apabila cegukan terjadi, tidak perlu panik. Untuk mengatasinya Kamu cukup minum air putih dengan cara perlahan untuk menstabilkan keadaan diafragma. Bagaimana sahabat Tips Sehat Online, mau kalian coba? Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya : Minuman Yang Bisa Memperpanjang Umur

Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kenapa Bisa Cegukan? Ini Dia Penyebabnya! Tiap-tiap orang tentu sempat merasakan cegukan. Cegukan biasa terjadi dengan cara tiba-tiba atau pun dikala kita sedang mengunyah. Cegukan kadang hanya terjadi beberapa kali sebelum akhirnya reda sendiri,...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *