Penyebab Bayi Tersedak

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Jan. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

penyebab bayi tersedak,- Tersedak lazim terjadi pada bayi yang usianya di bawah 6 bulan. Perihal ini terjadi, dikarenakan pada umur ini refleks menelan si bayi belum sempurna. Rongga pernafasannya pula belum dapat membesar secara optimal maka ia belum mampu mengatur jalannya udara, cairan atau makanan padat yang masuk ke mulut.

Tersedak terjadi apabila terdapat benda asing termasuk juga cairan yang masuk menghalangi & menghambat saluran pernafasan. Tersedak adalah kejadian yang sepele tetapi dapat berakibat fatal, yang membuat napas sesak bahkan menyebabkan kematian dikarenakan kehabisan napas. Oleh sebab itu, apabila hal itu terjadi terhadap anak anda, maka anda mesti tau hal pertama yang mesti dilakukan kala anak anda tersedak.

penyebab bayi tersedak

Penyebab Bayi Tersedak

1.Salah posisi disaat menyusui bayi.

Tidak Sedikit para ibu menyusui bayi sambil tiduran, nah faktor inilah yang tak benar dilakukan oleh anda ibu diwaktu berikan ASI kepada bayi. Posisi yang bagus yakni bayi dalam posisi tegak atau setengah duduk , caranya ibu dalam posisi duduk & bayi digendong maka posisi bayi dibuat agak tinggi, dapat memakai bantal di bawah kepala bayi.

2.Bayi tak disendawakan sesudah menetek

Lebih Sering kaum ibu punya anggapan sepele tentang sendawa ini, padahal kepada bayi sendawa amat mutlak untuk membantu air susu segera turun ke lambung. Biarpun bayi tak cepat sendawa sebaiknya seandainya sesudah menyusui, badan bayi ditegak kan menghadap bahu ibu, dulu tepukkan punggung bayi bersama lembut.

3.Produksi ASI yang berlebih

Seandainya anda merasa produksi ASI banyak, sebelum menyusui ada baiknya menampung atau membuang sebahagian ASI biar tak terlampaui banyak dikala bayi mulai menetek.

4.Terlalu sering berikan ASI

Biasakan berikan ASI 2 jam sekali, biar ASI sebelumnya diserap dulu oleh tubuh, jika terlampaui sering bayi dapat kekenyangan dan berisiko terjadi muntah.

5.Dipaksa minum susu disaat tidur

Ketahuilah bahwa dalam kondisi tidur, refleks menelan si bayi tak bagus. Apabila si ibu memaksakan si bayi untuk meminum susu disaat dia tidur, sehingga dapat membuatnya tersedak. Seandainya benar-benar bayi lapar atau haus, sehingga beliau akan menangis dengan sendirinya. Untuk itu, jangan sampai memaksa bayi buat meminum susu ketika bayi tidur terlelap.

6.Dikarenakan air liurnya sendiri

Bayi tersedak sebab air liurnya sendiri disaat tidur sering terjadi, faktor tersebut disebabkan air liur bayi yang kental yang diakibatkan kurangnya cairan. Seandainya air liur si bayi agak cair, sehingga kemungkinan tersedaknya lebih kecil.

7.Faktor kelainan bawaan

Selain itu, bayi tersedak juga dapat disebabkan dikarenakan factor kelainan bawaan, terutama bila tentang dengan refleks menelannya. Jikalau ini penyebabnya, sehingga kemungkinan besar si bayi tetap dapat sering tersedak sampai dewasa.

Pertolongan pertama kepada bayi yang tersedak

  • Tengkurapkan bayi pada lengan orang dewasa, topang leher & dagunya dengan jari-jari orang dewasa, dan posisikan kepala bayi lebih rendah daripada posisi dadanya.
  • Tekan punggung bayi tepat diantara ke-2 bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan orang dewasa sejumlah 5x gerakan secara cepat.
  • Posisikan dua jari anda tepat di tengan tulang dada dan sedikit di bawah puting dan lakukan sejumlah 5x gerakan menekan secara cepat.
  • Melakukan gerakan menekan dari belakang & dari depan maka benda yang menyumbat ke luar atau bayi mulai bisa bernafas normal.

Demikian artikel kali ini tentang penyebab bayi tersedak dan pertolongan pertama pada bayi yang tersedak, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

 

By : Rizka

Penyebab Bayi Tersedak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
penyebab bayi tersedak,- Tersedak lazim terjadi pada bayi yang usianya di bawah 6 bulan. Perihal ini terjadi, dikarenakan pada umur ini refleks menelan si bayi belum sempurna. Rongga pernafasannya pula belum dapat membesar secara...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *