Penyakit yang Sering Menyerang Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Oct. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Selamat datang di website kesehatan Tips Sehat Online , yang akan selalu menyajikan berbagai informasi tentang kesehatan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai Penyakit yang Sering Menyerang Anak, ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit yang sering menyerang anak kita ? Simak artikel di bawah ini….

Macam-Macam Penyakit yang Sering Menyerang pada Anak

anak sakitAnak-anak memang lebih rentan terserang penyakit dibandingkan pada orang dewasa. Mengapa demikian ? karena sistem kekebalan tubuh pada anak belum kuat seperti pada orang dewasa. Terlebih kita yang berada di Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga menjadikan variasi mikroorganisme penyebab penyakit lebih beragam. Penyakit anak pun terkadang dianggap ringan oleh orang tua, padahal dari penyakit ringan ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini ada beberapa macam penyakit yang sering menyerang anak-anak, seperti :

  1. Demam, Demam merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk oleh anak-anak. Penyebab nya yaitu infeksi virus dan bakteri, seperti common cold, influenza dan virus lain nya. Demam juga termasuk gejala dari suatu penyakit, contoh : Infeksi Saluran Pernafasan, Infeksi Telinga, Radang Amandel, Cacar, Diare, Batuk Rejan, Tyfus, Demam Berdarah. Anak Demam pun tidak perlu langsung panik, cukup kompres dengan air hangat dan berikan obat penurun demam yang cocok pada anak.
  2. Flu/Pilek, Pada umumnya virus pilek menyerang pada musim hujan, atau saat peralihan dari musim panas ke musim hujan. Virus ini mudah menyebar di dalam ruangan. Gejala flu biasanya diawali dengan batuk-pilek, demam/panas tinggi, anak menggigil, sakit tenggorokan, otot pegal-pegal, dan mata terasa panas dan merah. Kebanyakan penyakit flu dapat sembuh dengan sendirinya (self limited disease). Anak cukup diminta untuk beristirahat yang banyak, mengonsumsi vitamin C, dan diberi minum yang banyak.
  3. Diare, Diare adalah suatu kondisi dimana kotoran yang dikeluarkan ketika sedang Buang Air Besar berbentuk cairan. Penyebab nya sangat beragam yaitu Infeksi bakteri, virus, atau parasit, alergi terhadap makanan dan obat tertentu, pemanis buatan, gejala dari suatu penyakit seperti : campak, malaria, infeksi tenggorokan, dan masih banyak lagi. Penganan pada diare juga bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan nutrisi yang cukup, memberikan oralit khusus anak.
  4. Batuk, Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang terhirup masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk ini biasanya diawali dengan sakit flu terlebih dahulu, kemudian berkembang dan menjadi sakit batuk yang parah.
  5. Cacar Air, Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh salah satu dari kelompok virus herpes. Bagi anak anda yang terkena cacar air membutuhkan waktu antara 10 hingga 21 hari untuk sembuh dari cacar air. Untuk mengani nya jangan biarkan anak anda bermain di luar rumah, jangan mengkonsumsi makanan/minuman dingin, tidak memakai baju yang sama, dan mengkonsumsi vitamin C.
  6. Tifus, Tifus merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya perangan pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypi. Biasanya anak yang mengalami tipes tidak bergairah apapun, badan terasa nyeri dan lesu. Cara menangani nya pun harus membiarkan anak istirahat total, memberikan makanan yang lunak-lunak, tidak banyak bergerak dan minum yang banyak.
  7. Radang Amandel, Radang Amandel bisa terjadi karena adanya infeksi virus dan bakteri. Penyebab lain nya juga yakni adanya faktor makanan seperti ice cream, permen, makanan ringan yang banyak mengandung pengawet, kurang nya mengkonsumsi vitamin C, sering mengkonsumsi makanan pedas, dll.

Nah, Kurang lebih seperti itu Penyakit yang Sering Menyerang Anak. Kita sebagai orang dewasa sebaik nya harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan anak kita, agar tidak mudah terserang sakit. Hindarkan anak kita dari segala sesuatu yang menyebabkan anak sakit dan jauhkan kontak fisik dengan orang sakit yang berada di sekitarnya. Semoga artikel ini dapat membantu para orang tua dalam mengahadapi penyakit yang sering menyerang anak. Terima kasih atas kunjungan nya 🙂

Penyakit yang Sering Menyerang Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang di website kesehatan Tips Sehat Online , yang akan selalu menyajikan berbagai informasi tentang kesehatan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai Penyakit yang Sering Menyerang Anak, ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *