Penyakit yang Perlu Diwaspadai Ketika Musim Kemarau

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Sep. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Tahun 2015 ini menjadi tahun terpanas atau tahun dimana terjadi kemarau panjang. Hal ini terjadi karena dampak dari adanya El Nino sehingga Indonesia mengalami kekeringan panjang.

Memasuki musim kemarau, penyakit yang sering menyerang masyarakat diantaranya yaitu diare, infeksi saluran pernafasan dan DBD. Hal ini disebabkan oleh ketidak tersediaannya air bersih dan banyaknya debu yang beterbangan.

Baca Juga: Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Saat musim kemarau, air bersih berkurang. Selain itu, adanya binatang-binatang yang berkembang biak lebih banyak, seperti misalnya: lalat yang menjadi penghantar berbagai jenis penyakit. Banyak penyakit yang dihantarkan oleh binatang, debu dan perilaku hidup yang tidak sehat. Contohnya diare dan infeksi saluran napas. Berikut ini berbagai jenis penyakit yang perlu diwaspadai ketika musim kemarau.

Penyakit yang Perlu Diwaspadai Ketika Musim Kemarau

krisis air

  • Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA)

Ketika musim kemarau, jumlah debu meningkat. Hal ini berpotensi menyebabkan debu mengiritasi saluran pernapasan yang kemudian menjadi infeksi saluran pernafasan atas. Sehingga muncul gangguan kesehatan pada tenggorokan, pita suara, dan amandel. Penyakit ini rentan menyerang pada beberapa orang yang memiliki alergi seperti asma.

  • Diare

Di musim kemarau seperti saat ini, pasokan air bersih berkurang karena kualitas air terganggu. Selain itu, makanan yang di jajalkan diwarung pun bisa saja terkena debu, sehingga tidak terjamin lagi kehigienisannya. Bahkan, terkadang para ibu meskipun tahu airnya kotor, namun tetap saja di pakai untuk mencuci bahan-bahan makanan mentah, mencuci pakaian, dll. Hal ini menyebabkan terjadinya diare.

Untuk mencegah terjadinya diare, kiatlah untuk tetap menjaga kebersihan dan gaya hidup anda, serta perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur.

  • Demam Berdarah

Sebenarnya, DBD selalu datang disetiap tahun. Namun, menurut dokter di musim kemarau ini pasien penderita DBD meningkat. Oleh sebab itu, rajinlah dalam menjaga lingkungan sekitar karena itu menjadi salah satu cara agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

Itulah beberapa point penting yang bisa di share oleh admin, semoga artikel tips sehat online hari ini bisa membantu anda dalam menambah wawasan dan peduli akan menjaga kesehatan tubuh. Terimakasih

|  Penyakit yang Perlu Diwaspadai Ketika Musim Kemarau

Penyakit yang Perlu Diwaspadai Ketika Musim Kemarau Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tahun 2015 ini menjadi tahun terpanas atau tahun dimana terjadi kemarau panjang. Hal ini terjadi karena dampak dari adanya El Nino sehingga Indonesia mengalami kekeringan panjang. Memasuki musim kemarau, penyakit yang sering menyerang masyarakat...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *