Penyakit Yang Menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Diposkan oleh : pada tanggal 15 Nov. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Tips sehat online,- Sakit perut adalah salah satu keluhan yang pernah dialami setiap orang. Akan tetapi penyebab sakit perut tiap orang berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit perut sebelah kiri yang merupakan gejala penyakit yang mesti diwaspadai. Bagian perut sebelah kiri terbagi dua yakni bagian atas dan bawah. Perbedaan ini memengaruhi penyebab rasa sakit yang anda rasakan.

Penyakit Yang Menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyakit yang menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri Atas

Sakit perut sebelah kiri atas bisa disebabkan lantaran adanya masalah lambung seperti maag, tukak lambung, gastritis dan masalah yang terjadi pada limpa.

Gastritis dan tukak lambung

Gastritis dan tukak lambung ialah dua penyebab paling umum dari sakit perut sebelah kiri atas. Rasa sakit ini sering dirasakan di bawah tulang rusuk kiri dan dapa meluas ke bagian tengah atas perut (ulu hati) bertambah sakit saat setelah makan baik segera maupun beberapa jam sesudah makan. Selain nyeri, gejala lainnya ialah mual, kembung dan sendawa.

Infeksi limpa

Radang limfa dapat disebabkan akibat trauma, infeksi atau kondisi autoimun. Pembesaran limpa tanpa pembengkakan biasanya tak memunculkan rasa sakit. Trauma yang parah pun bisa menyebabkan pecahnya limpa yang menyajikan dengan nyeri perut sebelah kiri.

Serangan jantung

Meski jantung berada di rongga dada, namun tak jarang sakit yang timbul kala serangan jantung bisa menyebar ke ulu hati dan perut sebelah kiri. Gejala yang timbul ialah nyeri dada atau perut sebelah kiri yang didahului oleh aktivitas berat seperti sepak bola, bulutangkis dan juga stress emosional.

Penyakit yang menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Diverticulitis

Kondisi ini tidak jarang terjadi kepada orang yang lebih tua dan biasanya dia bakal mengeluhkan sakit perut sebelah kiri bawah. Rasa sakit ini tidak jarang tiba-tiba dan parah terus memburuk dari waktu ke waktu, berpotensi hilang timbul. Gejala diverticulitis lainnya yaitu kembung, mual dan muntah, diare dengan darah merah terang dan pembengkakan di daerah perut kiri bawah.

Sembelit

Susah buang air besar karena sembelit dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri bawah, faktor ini ditandai dengan ketidakmampuan buat mengeluarkan feses secara teratur dan biasanya rasa sakit dapat hilang sesudah buang air besar.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih umumnya dikaitkan dengan nyeri ketika buang air kecil atau dorongan terus-menerus pada buang air kecil. Infeksi bakteri terhadap kandung kemih menyebabkan keadaan yang dikenal sebagai cystitis yang mampu menyebabkan keadaan nyeri perut sebelah kiri.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik dinamakan juga dengan hamil di luar kandungan yang apabila terganggu menyebabkan nyeri perut sebelah bawah atau kanan bawah.

Kista ovarium

Kista pada ovarium bila terlalu besar bakal memunculkan rasa sakit yang hebat dan bisa menyebar ke punggung bawah. Gejala lainnya berupa mual, muntah, perut terasa penuh, menstruasi tak teratur dan tekanan terhadap rektum atau kandung kemih.

Jadi bila anda mengalami sakit perut sebelah kiri atas maupun bawah yang tak kunjung hilang rasa sakitnya sebaiknya memeriksakan pada dokter, untuk memastikan apakah sakit perut biasa atau memang merupakan sebuah gejala dari penyakit.

 

Penyakit Yang Menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online,- Sakit perut adalah salah satu keluhan yang pernah dialami setiap orang. Akan tetapi penyebab sakit perut tiap orang berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit perut sebelah...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *