Penyakit Akibat Merokok

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Aug. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Penyakit Akibat Merokok

penyakit yang timbul akibat merokok

Penyakit Akibat Merokok,- Selamat datang kembali di website tips sehat online. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyakit akibat merokok. Kebiasaan merokok tidak hanya merugikan para perokok , tapi juga bisa merugikan orang sekitarnya (perokok pasif). Rokok dan asapnya diketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Pada umumnya tidak ada satu pun organ didalam tubuh yang tidak berpengaruh oleh asap rokok, karenanya hampir semua bagian tubuh rusak oleh rokok. Hal ini karena didalam satu batang rokok mengandung 4000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (toksik) atau kargsinogenik (bisa menyebabkan kanker).

Penyakit Akibat Merokok

1.Penyakit paru-paru

Merokok bisa menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar sel mukosa membesar dan kelenjar bertambah banyak. Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.

Akibatnya perubahan anatomi saluran napas , pada perokok akan timbul perubahan pada fungs paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya. Hal ini menjadi dasar utama terjadinya PPOK / penyakit obstruktif paru menahun.

2.Penyakit jantung koroner

Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Penelitian menunjukan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi, terhadap tercetusnya penyakit jantung koroner.

3.Arterosklerosis

Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

4.Impotensi

Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an , maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50%. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dna tekanan ke penis. Bila seseorang sudah mengalami impotensi , maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

5.Pengereposan tulang

Karbon monoksida hasil pembakaran tidak sempurna pada rokok atupun asap kendaraan bisa menyabotase fungsi hemoglobin sebagai pengangkut oksigen. Sebab distribusi oksigen terganggu, tulangg mudah mengalami pengeroposan dan 5x lebih berisiko terserang nyeri punggung.

Penyakit Akibat Merokok Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit Akibat Merokok Penyakit Akibat Merokok,- Selamat datang kembali di website tips sehat online. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyakit akibat merokok. Kebiasaan merokok tidak hanya merugikan para perokok , tapi juga...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *