Payudara Terasa Nyeri saat Haid? Mungkin Ini Penyebabnya

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Payudara Terasa Nyeri saat Haid? Mungkin Ini Penyebabnya,- Ketika mendekati masa menstruasi atau haid, perempuan biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti suasana hati yang mudah berubah. Sebagian perempuan juga akan mengalami nafsu makan yang bertambah, dan payudara yang terlihat membesar atau membengkak bahkan terasa nyeri. Biasanya hal tersebut dikenal sebagai premenstrual syndrome atau PMS.

Payudara yang membesar dan terasa nyeri karena PMS biasanya akan kembali normal saat Anda memasuki masa menstruasi. Namun, Anda perlu waspada, pasalnya terkadang pembengkakan dan nyeri pada payudara ketika PMS bisa jadi ciri dari penyakit payudara fibrokistik, alias benjolan pada payudara non kanker ketika masa menstruasi. Jika Anda merasakan adanya paerubahan pada payudara, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Mengetahui Penyebab Payudara Terasa Nyeri saat Haid

Mungkin tidak sedikit wanita yang bertanya-tanya, penyebab payudara sering terasa sakit setiap kali akan memasuki masa haid ? Hal tersebut dikarenakanadanya perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita.

Ada dua hormon wanita yang berperan dalam terajdinya nyeri payudara pada sindrom pramenstruasi, yaitu estrogen dan progesteron. Estrogen menyebabkan pelebaran dari saluran kelenjar payudara. Sedangakn progesteron menyebabkan pembesaran kelenjar susu. Kedua mekanisme tersebut pada akhirnya menyebabkan nyeri payudara yang dialami.

Jika kadar kedua hormon tersebut menurun pada masa pra menopause, maka gejala nyeri dan benjolan payudara tersebut akan menjadi lebih ringan, atau bahkan tidak terasa.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara saat Haid

Sebenarnya, sebagian besar kasus nyeri payudara pada sindrom pramenstruasi tidak terlalu mengganggu, sehingga tidak memerlukan terapi. Namun, pada sebagian wanita, gejala sindrom pramenstruasi ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Jika demikian, maka terapi bisa didapatkan.

Jika nyeri payudara dirasakan sangat mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri yang dijula secara bebas, seperti parasetamol atau ibuprofen. Dengan mengonsumsi obat tersebut, maka Anda juga bisa membantu meredakan nyeri perut pramenstruasi yang mungkin juga dialami.

Bagi wanita yang mengalami gejala sindrom pramenstruasi yang berat dan sangat mengganggu, dan tidak terbantu dengan pemberian dua obat tersebut, maka dokter bisa memberikan pil KB yang berisi hormon wanita. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan fluktuasi hormonal yang terjadi saat pramenstruasi.

Selain mengonsumsi obat, And ajuga bsia menggunakan bra yang lebih suportif, yang dapat “memegang” payudara dengan lebih baik, sehingga bisa mengurangi nyeri. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E dan magnesium yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi gejala nyeri payudara.

Pengaturan pola diet juga bsia membantu mengurangi nyeri payudara. Kurangi konsumsim inuman yang tinggi kafein seperti kopi. Makanan yang tinggi garam dan lemak juga harus dikurangi, karena dapat memperparah gejala nyeri payudara.

By Sri Maryati

Payudara Terasa Nyeri saat Haid? Mungkin Ini Penyebabnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Payudara Terasa Nyeri saat Haid? Mungkin Ini Penyebabnya,- Ketika mendekati masa menstruasi atau haid, perempuan biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti suasana hati yang mudah berubah. Sebagian perempuan juga akan mengalami nafsu makan yang...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *