Patut Ditiru! Ini Gaya Hidup Sehat Ala Orang Italia

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Mar. 2018 Kategori Gaya Hidup Sehat

Patut Ditiru! Ini Gaya Hidup Sehat Ala Orang Italia,- Bagi sebagian orang, mungkin kadang sulit untuk menjalankan gaya hidup sehat. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggi di Ibu Kota atau kota besar lainnya. Hidup di Ibu Kota seringkali diartikan pada rutinitas sehari-hari yang melelahkan, jalanan yang macet, polusi udara, biaya hidup yang tinggi, dan pekerjaan yang selalu dikerjar deadline.

Terkadang banyak orang yang rindu dengan kehidupan yang rileks ditengah hidup modern yang semakin lama bisa melelahkan. Traveling menjadi salah satu solusi untuk istirahat sejenak dari kepenatan hidup di Ibu Kota. Untuk kesehatan jiwa dan raga, we need to refresh our mind dan hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Orang Italia memiliki beberapa aktivitas yang menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Jika memang bisa memperbaiki kualitas hidup, maka tidak ada salahnya untuk kita mencontoh gaya hidup ala orang Italia berikut ini !

  • Melakukan diet mediterania

Sebagian besar orang Italia memiliki badan yang langsing. Hal tersebut disebabkan karena mereka konsisten mengonsumsi makanan sehat dan segar. Bagi orang Italia juga tidak ada cheating day.

Mereka melakukan diet Mediterania, yaitu diet yang dilakukan dengan mengonsumsi sayur, kacang-kacangan, dan daging. Diet ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, karena dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pada praktiknya, ini termasuk diet atau pola makan yang sulit. Karena sebagai orang Indonesia, kita menyukai makanan dengan rasa yang kuat. Tentu semua soal pilihan. Jika ini pola makan yang cukup memancing rasa penasaran Anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

  • Menikmati sedikit kafein setiap pagi dan sedikit wine di malam hari

Di Italia, biasanya orang-orang yang meniknati secangkir espresso saja di pagi hari dan setelah makan malam mereka hanya menikmati 1 atau 2 gelas wine tidak berlebihan. Karena menurut mereka, hidup itu dinikmati tidak dengan berlebihan agar tetap sehat dan bahagia.

  • Jalan kaki sebelum makan malam

A passeggiata, biasa orang Italia menyebutnya, yaitu berjalan kaki santai sebelum makan malam. Biasanya mereka bercengkrama dengan tetangga atau keluarga sambil berjalan-jalan santai di sekitar rumah setelah bekerja, ini bermanfaat untuk mengurangi stres dan tubuh menjadi lebih rileks. Dan yang pasti, cukup siap untuk makan malam.

  • Tidak memegang gadget setiap waktu baik untuk kejiwaan

Kita mungkin tidak akan pernah sadar jika sudah ketergantungan pada smartphone, sampai kita pergi ke tempat yang tidak bisa menangkap sinya seklaipun. Karena setiap hari saat kita hendak bangun tidur, hal pertama yang kita cari pasti smartphone, kan ? Baik itu untuk mengecek sosial media, membalas pesan, atau sekedar mengecek email pekerjaan.

Berbeda halnya dengan orang Italia, mereka lebih suka berkomunikasi langsung dengan orang di sekitarnya. Terlebih lagi dengan keluarga, mereka pasti memiliki quality time dan jarang memegang smartphone seharian. Tentu saja, saat kita jarang memegang smartphone, maka kita kan menjadi lebih banyak bercengkrama dengan orang-orang daripada terus menerus mengikuti sosial media yang kadang membawa dampak negatif.

Dulu sekali saat smartphone belum menguasai hidup kita, waktu luang kita isi dengan aktivitas seperti membaca buku, memasak, mendengarkan musik, atau bercengkrama dengan teman dan keluarga. Sesuatu yang lebih nyata dan terasa efeknya langsing di pikiran dan hati.

  • Work less

Waktu luang dinagga serius di Italia. Rata-rata orang Italia bekerja 36 jam per minggu. Disamping itu, undang-undang di Italia membatasi tenaga kerja 40 jam dalam satu minggu dari 8 jam lembur tambahan. Jika ditemukan karyawan yang bekerja lebih dari itu, maka atasannya akan terkena denda.

Yang lebih menyenangkan, orang Italia juga dapat jatah libur 4 minggu dalam 1 tahun. Di Indonesia memang belum seperti itu, namun kita bisa maksimalkan jatah liburan dengan istirahat sejenak dari pekerjaan dan saat selesai jam kerja hendaknya segera beristirahat agar otak rileks.

By Sri Maryati

Patut Ditiru! Ini Gaya Hidup Sehat Ala Orang Italia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Patut Ditiru! Ini Gaya Hidup Sehat Ala Orang Italia,- Bagi sebagian orang, mungkin kadang sulit untuk menjalankan gaya hidup sehat. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggi di Ibu Kota atau kota besar lainnya. Hidup...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *