Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Apr. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Pantangan makanan bagi penderita darah tinggi harus benar-benar dihindari supaya penyakit daah tinggi yang anda alami tersebut tidak semakin parah. Oleh karena penderita penyakit ini harus menerapkan pola makan sehat, konsumsilah makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter dan hindari pantangan makanannya. Selain itu juga penderita darah tinggi harus menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, kurangi minum minuman berkafein. Dan tentunya harus olahraga secara rutin.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

Makanan yang mengandung tinggi garam

Pantangan makanan bagi penderita darah tinggi adalah makanan tinggi garam atau sodium atau natrium. Banyak makanan yang mengandung tinggi garam atau sodium atau natrium yaitu diantaranya mie instan, sp kalengan, produk tomat kalengan, makanan kemasan dan lain-lain.

Makanan tinggi lemak jenuh

Dampak buruk mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh yang berlebihan bisa meningkatkan resiko kegemukan yang dapat memicu darah tinggi. Penderita darah tinggi juga harus menghindari konsumsi makanan yang digoreng, karena bila mengonsumsinya secara berlebihan maka dapat meningkatkan darah tinggi.

Makanan manis atau makanan tinggi gula

Gula atau semua jenis makanan yang manis juga merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat darah tinggi. Karena jenis makanan ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan yang dapat memicu darah tinggi. Oleh karena itu hindari konsumsi makanan manis yang berlebihan.

Makanan cepat saji

Pantangan makanan lainnya bagi penderita darah tinggi adalah mengonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan ini banyak mengandung garam dan berbagai bagan perasan tambahan lain. Hal ini dapat meningkatkan resiko darah tinggi.

Makanan olahan

Makanan olahan juga termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi. Oleh karena itu, jangan konsumsi makanan olahan jika tidak ingin semakin parah darah tinggi yang anda derita. Jenis makanan olahan diantaranya daging atau ayam beku, buah-buahan kaleng, sayur-sayuran kaleng, mie instan, daging kemasan dan lain-lain.

Pantangan Minuman Bagi Penderita Darah Tinggi

Selain makanan, pantangan minuman bagi penderita darah tinggi juga harus benar-benar dihindari, supaya tidak memperparah penyakit darah tinggi yang pernah anda derita atau sedang anda alami. Berikut adalah pantangan minuman bagi penderita darah tinggi diantaranya:

Minuman beralkohol

Hindari kebiasaan minum minuman alkohol saat anda mengalami darah tinggi adalah dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Selain itu minuman alkohol juga bisa berpotensi merusak dinding arteri sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kopi

Kopi adalah minuman favorit yang disukai oleh pria maupun wanita. Namun tidak boleh dikonsumsi untuk anda yang pernah mengalami darah tinggi, karena kopi mengandung cafein serta bisa meningkatkan resiko darah tinggi. Selain itu juga mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan sering bisa mengakibatkan kenainan tekanan darah yang sangat cepat.

Cara menghindari makanan yang bisa memicu timbulnya darah tinggi

  • Hindari makan diluar
  • Masak sendiri di rumah
  • Atur kadar garam di masakan anda
  • Kurangi dan hindari konsumsi mie instan saat anda mengalami darah tinggi

Cara mengurangi resiko darah tinggi

-Menurunkan berat badan. Bila anda memiliki berat badan yang berlebihan, maka sebaiknya turunkan berat badan anda karena berat badan berlebihan dapat meningkatkan resiko darah tinggi.

-Olahraga. Cara menjaga tekanan darah adalah dengan cara olahraga yaitu senam, lari ringan, jalan kaki dsb. Akan tetapi tidak semua olahraga baik dilakukan oleh penderita darah tinggi. Karena ada beberapa olahraga yang boleh dilakukan penderita darah tinggi diantaranya olahraga angkat beban, terjun payung dan menyelam.

-Makan makanan yang mengandung serat. Manfaat mengonsumsi makanan serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan saja. Tapi juga bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan resiko darah tinggi.

Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Bila anda tidak mengonsumsi pantangan makanan dan minuman bagi penderita darah tinggi, maka akan mengurangi resiko komplikasi akibat darah tinggi. Namun bagi anda yang sudha terlanjur menderita penyakit darah tinggi, obat darah tinggi alami bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif yang terbaik untuk anda yang sedang menderita darah tinggi.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pantangan makanan bagi penderita darah tinggi harus benar-benar dihindari supaya penyakit daah tinggi yang anda alami tersebut tidak semakin parah. Oleh karena penderita penyakit ini harus menerapkan pola makan sehat, konsumsilah makanan sehat yang...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *