Olahraga yang Baik Dilakukan Oleh Penderita Stroke Ringan

Diposkan oleh : pada tanggal 20 May. 2016 Kategori Tips Sehat

Stroke ringan atau serangan iskemik transien disebabkan oleh penyumbatan transien atau sementara arteri otak oleh gumpalan darah yang biasanya berlangsung kurang dari satu jam. Seringkali serangan ini merupakan pertanda akan datangnya stroke nyata atau stroke berat yang mengakibatkan gangguan aliran darah berkepanjangan sehingga merusak jaringan otak secara permanen. Stroke ringan adalah sinyal bahwa perawatan mendesak diperlukan untuk mencegah stroke berat.

Adapun beberapa latihan olahraga yang dapat membantu proses pemulihan stroke ringan, diantaranya yaitu berikut dibawah ini olahraga yang baik dilakukan oleh penderita stroke ringan.

Olahraga yang Baik Dilakukan Oleh Penderita Stroke Ringan

olahraga yang baik dilakukan oleh penderita stroke

  • Latihan di air

Latihan ini dipercaya sangat membantu proses pemulihan penyakit stroke. Hal ini lantaran pengaruh daya apun air yang membuat tubuh lebih ringan dibandingkan ketika berjalan di darah yang lebih berat akibat taris gravitasi bumi. Renang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita penyakit stroke yakni dengan cara merangsang sel-sel sensorik dan otak serta menguatkan ketahanan otot.

  • Jalan kaki

Olahraga ini adalah olahraga teringan, mudah dan juga murah yang bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Selain bermanfaat untuk memulihkan stroke ringan, olahraga ini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan, dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Meski jalan kaki terlihat sangat mudah, namun tidak sedikit penderita stroke takut melakukannya, alasannya karena takut jatuh. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan keluarga dan orang-orang terdekat untuk meyakinkan penderita stroke agar aktif berjalan kaki. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu untuk mengurangi kecemasan pasien, misalnya tongkat dan alat lainnya.

  • Senam Aerobik

Ternyata senam aerobik baik dilakukan oleh penderita stroke. Selain itu, senam aerobik juga dapat membantu kesehatan dan kebugaran penderita stroke. Latihan senam aerobik yang rutin dapat meningkatkan pasokan oksigen, menguatkan otot tubuh, serta menambah kelenturan. Aerobik yang cocok bagi penderita penyakit stroke adalah low impact, misalnya: senam lansia, senam pernapasan, senam stroke, senam lantai, dll.

Itulah beberapa latihan, olahraga atau terapi yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses pemulihan penderita stroke. Selain itu, tentunya asupan obat stroke ringan yang tepat juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

 

| Olahraga yang Baik Dilakukan Oleh Penderita Stroke Ringan

Olahraga yang Baik Dilakukan Oleh Penderita Stroke Ringan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Stroke ringan atau serangan iskemik transien disebabkan oleh penyumbatan transien atau sementara arteri otak oleh gumpalan darah yang biasanya berlangsung kurang dari satu jam. Seringkali serangan ini merupakan pertanda akan datangnya stroke nyata atau...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *