Obat-obatan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 21 Jul. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat | Saat sedang sakit, biasanya kebanyakan orang akan membeli obat-obatan yang ada di warung atau apotek terdekat untuk meminimalkan biaya dibandingkan harus ke dokter, ketika sakit yang menyerang hanya sekedar flu, batuk, atau sakit kepala. Jika kondisi tersebut belum hilang sampai 3 hari, anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter terdekat.

obat-obatan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Bagi anda orang yang sedang hamil, mungkin hal tersebut terdengar aman, tapi jika anda yang sedang hamil bagaimana ? Tak semua obat bisa seenaknya dikonsumsi ibu hamil, walau obat flu sekalipun. Nah, agar anda tidak sembarangan konsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan, berikut ini kami beritahukan anda mengenai beberapa Obat-obatan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil agar tak memberikan efek samping pada ibu dan janin dalam kandungan, di antaranya :

Obat anti-inflamasi Non-steroid

Obat jenis ini contohnya adalah Aspirin yang dalam dosis tinggi harus dihindari oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan bisa memperlambat persalinan serta mengakibatkan tertutupnya hubungan antara aorta dan arteri pulmoner pada janin.

Obat cacing Mebendazol

Obat jenis ini rupanya belum diketahui secara pasti bagaimana efeknya pada ibu hamil, namun sebaiknya ibu hindari saja.

Obat asma Salbutamol

Obat asma jenis ini rupanya belum diketahui secara pasti bagaimana tingkat keamanannya pada ibu hamil. Namun, untuk mencegah efek yang mungkin bisa terjadi, sebaiknya ibu gunakan saja obat asma yang disemprotkan ke dalam mulut (inhaler).

Obat analgesik

Contoh dari jenis ini adalah Antipiretik dan Antiplatelet asetol yang harus anda hindari selama kehamilan, terlebih saat hamil trimester ketiga. Hal ini dikarenakan obat jenis ini akan mengakibatkan risiko pendarahan saat persalinan. Bahkan, jika digunakan dalam dosis tinggi, bisa memicu hipertensi pada bayi yang baru saja dilahirkan.

Obat Antimabuk

Obat antimabuk seperti Dimenhidrinat ini, kemungkinan masih bisa dikonsumsi ibu hamil atau menyusui atas izin dokter.

Baca juga : Tips Membentuk Otot Lengan yang Kuat Dalam 15 Menit

Obat kulit

Obat kulit seperti Isotretinon yang biasanya anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, sebaiknya jangan dikonsumsi selama kehamilan karena bisa menyebabkan cacat bawaan seperti kelainan jantung, telinga, sampai mental.

Obat tiroid

Jenis obat ini sebaiknya jangan diberikan pada ibu hamil karena bisa menyebabkan hipotiroidisme berat atau kelenjar tiroid membesar pada janin.

Obat hipogligemik oral

Obat jenis ini seperti Metformin yang berfungsi dalam menurunkan gula darah penderita diabetes, sebaiknya hindari pada ibu hamil, karena justru akan berisiko tingkat gula darah rendah atau hipogligemia pada bayi baru lahir.

Obat anti-depresan

Obat-obatan jenis ini memiliki Lithium yang bisa menyebabkan cacat bawaan pada bayi yang baru lahir, sehingga sebaiknya ibu hindari.

Vaksin

Vaksin yang dibuat dari virus yang hidup, jangan diberikan pada ibu hamil karena bisa memicu infeksi pada plasenta atau janin.

Itulah beberapa di antara obat yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, mungkin masih banyak obat-obatan tertentu yang harus ibu hamil waspadai. Sehingga alternatif yang bisa ibu manfaatkan adalah dengan produk herbal alami yang banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Namun, cara yang paling baik adalah dengan memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter ahli. Setelah itu, barulah anda mendapatkan obat yang benar-benar tepat dan aman.

Obat-obatan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat | Saat sedang sakit, biasanya kebanyakan orang akan membeli obat-obatan yang ada di warung atau apotek terdekat untuk meminimalkan biaya dibandingkan harus ke dokter, ketika sakit yang menyerang hanya sekedar flu, batuk,...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *