Nutrisi yang Di Perlukan Balita

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Nov. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Nutrisi yang Di perlukan untuk balita,- Di usia balita, anak membutuhkan nutrisi yang tepat dan seimbang. Karena di usia inilah tubuh dan otaknya berkembang secara pesat. Usia balita adalah usia-usia yang sangat kritis dan karenanya nutrisi yang anda berikan pada si kecil perlu anda perhatikan secara seksama. Apakah nutrisi yang berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh balita? Mari kita dalami dibawah ini:
Kebutuhan nutrisi balita tentu saja amat penting dalam rangka mendukung kesehatan anak anda. Tanpa nutrisi yang cukup, maka bayi dan balita akan mendapatkan kekurangan gizi yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan mereka. Untuk itu, apa saja nutrisi yang berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh balita ?

piramida_makanan
Kalium

Kalium merupakan nutrisi utama untuk menjaga tekanan darah rendah tetapi kebanyakan anak-anak tidak mendapatkan kalium cukup, terutama mereka yang beresiko untuk kelebihan berat badan atau obesitas.
Sebagian besar buah-buahan dan sayuran memiliki kalium dan sumber terbaik termasuk pisang, melon, stroberi, semangka, brokoli, kacang polong, dan kentang. Coba tambahkan bubur butternut squash untuk saus pasta, membuat smoothie atau biarkan anak anda memotong paprika merah sebagai cemilan.

DHA

DHA merupakan blok bangunan penting untuk otak berkembang. Namun, balita hanya mendapatkan sekitar 25% dari jumlah yang disarankan asam lemak omega 3 ini. Otak tumbuh pesat selama 3 tahun pertama kehidupan dan DHA dapat membantu dengan kognisi dan visi. Bahkan DHA mungkin dapat membantu menurunkan pilek dan alergi dan membantu anak anda tidur lebih baik. Sumber yang baik dari DHA termasuk telur (kuning), susu dan ikan.

Kalsium

Diperlukan untuk tulang yang kuat, otot dan gigi, kalsium merupakan nutrisi penting untuk balita tumbuh. Kalsium biasanya terdapat di susu, yogourt, keju, sereal, saus apel atau granola bar.

Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang penting untuk membuat hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang mentransfer iksigen dari paru ke jaringan tubuh. Zat besi juga penting untuk metabolisme dan tumbuh kembang anak anda. Tanpa zat besi yang cukup maka anda akan berisiko mengidap anemia. Salah satu alasan mengapa anak anda kekurangan zat besi adalah anak anda minum terlalu banyak susu kalsium yang akhirnya mengalahkan zat besi untuk ruang dalam darah.
Batasi anak anda mengkonsumsi susu hanya dua cangkir sehari dan cobalah mengkonsumsi sereal yang memiliki nilai harian gizi 80 sampai 90% dari zat besi. Sumber lainnya dari besi termasuk telur, ayam, daging sapi tanpa lemak dan beras diperkaya dan roti.

Serat

Mendapatkan cukup serat adalah bagian dari diet yang sehat, tapi hal ini sangat penting untuk balita yang sering sembelit. Isi piring anak anda setengah penuh buah-buahan dan sayuran.
Anda juga dapat menambahkan rami muffin, pancake, atau outmeal untuk dorongan ekstra serat.

Terimakasih telah berkunjung di website tip sehat online. 🙂

[sumber: jpnn.com]

Nutrisi yang Di Perlukan Balita Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nutrisi yang Di perlukan untuk balita,- Di usia balita, anak membutuhkan nutrisi yang tepat dan seimbang. Karena di usia inilah tubuh dan otaknya berkembang secara pesat. Usia balita adalah usia-usia yang sangat kritis dan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *