Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Mar. 2016 Kategori Makanan Sehat Masalah Kesehatan

nutrisi untuk kesehatan tulang dan sendi,- Menjaga kesehatan & kekuatan tulang yaitu hal utama yang mesti selalu dilakukan oleh setiap orang. karena dengan tulang yang sehat & kuat, badan tak dapat dapat melakukan segala macam aktivitas mulai dari gerakan ringan hingga dengan aktivitas berat sekalipun dengan tanpa halangan.

Untuk mendapatkan tulang & sendi yang sehat, tubuh kita pasti memerlukan nutrisi & zat gizi pun mineral yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Tapi tidak hanya kalsium supaya kesehatan tulang terus terjaga. Tulang juga memerlukan zat-zat gizi pula mineral lain yang tidak kalah utama buat menutrisi tulang biar tetap kuat. Zat gizi juga mineral lain dapat berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Tanpa adanya mineral lain, tubuh tidak akan bisa menyerap kalsium dengan baik.

nutrisi untuk kesehatan tulang dan sendi

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang & Sendi

1.Mengkonsumsi protein yang cukup

Secara historis, ada perdebatan mengenai dampak protein terhadap kesehatan tulang. Sekian Banyak penelitian awal menunjukan bahwa diet tinggi protein terutama diet tinggi daging merah dapat menyebabkan tulang lemah. Namun penelitian baru menunjukan bahwa diet yang tinggi protein bisa meningatkan mineral tulang & mengurangi risiko patah tulang. Protein membantu membangun & mempertahankan otot, yang melindungi sendi dan tulang & bahkan merangsang kekuatan tulang (bila disertai dengan aktivitas menahan beban). Ada sekian banyak makanan yang mengandung protein ialah diantaranya telur, salmon, daging tanpa lemak, kedelai, kacang-kacangan.

2.Mengonsumsi karbohidrat berkualitas

Tak semua karbohidrat mempunyai efek negatif terhadap kesehatan tulang sendi. Karbohidrat kompleks seperti buah-buahan & sayuran, akan banar-benar meningkatkan kepadatan massa tulanh & meningkatkan penyerapan kalsium. Menurut Dr Zernicke , buah-buahan & sayuran mengandung karbihidrat non dicerna, seperti inulin jenis fructans, yang tak dapat dicerna oleh usus kecil. Ketika mereka bergerak menuju usus besar & mulai diproses.

Tidak Hanya itu, buah-buahan & sayuran mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat & fitonutrien lainnya yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Mereka serta rendah kalori di bandingkan dengan makanan ini, yang akan membantu menangkal kenaikan berat badan yang menyebabkan masalah muskuloskeletal.

3.Cukup kebutuhan kalsium

Kalsium, mineral yang paling berlimpah di dalam tubuh ialah salah satu nutrisi yang paling penting untuk kesehatan tulang. Mineral ini juga memainkan peran penting dalam kontraksi otot. Pengaturan detak jantung, tranmisi impuls saraf, pengaturan tekanan darah & fungsi system kekebalan tubuh. Mendapatkan asupan harian yang direkomendasikan kalsium (yang bervariasi berdasarkan jenis kelamin & umur) dapat membantu menangkal osteoporosis & menjaga otot & saraf berfungsi dengan normal.

Baca juga : Obat Pengapuran Tulang

4.Vitamin D

Vitamin D pula dikenal sebagai vitamin sinar matahari dikarenakan tubuh anda memproduksi vitamin D sendiri dengan paparan sinar matahari merupakan kunci dalam membantu tulang anda menyerap kalsium. Penelitian baru pula menunjukan bahwa vitamin D membantu meningkatkan system kekebalan tubuh & membantu menangkal osteoporosis & menjaga otot & saraf berfungsi dengan normal.

5.Fosfor

Fosfor merupakan salah satu mineral penting dalam tubuh yang diperlukan oleh tulang. Tubuh yang kekurangan zat fosfor akan menghambat produksi garam kalsium yang ada pada akhirnya menyebabkan tulang jadi lemak. Meski begitu, bila tubuh mengalami kelebihan zat fosfor dalam darah pun bukan berari hal yang baik. Hal ini sebab fosforus bakal menyebabkan pengerasan arteri yang akan berujung terhadap reiko serangan jantung & stoke jadi lebih riskan.

6.Potassium

Zat potassium jarang sekali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Namun demikian , para peneliti meyakini bahwa potassium bisa menurunkan resiko pengeroposan tulang & mengembalikan kalsium ke tulang. Bukan cuma itu, potassium juga dapat membantu mentralkan asam metabolisme yang diproduksi oleh tubuh & melindungi tulang dari kerusakan.

7.Vitamin K

Vitamin K dikenal mempunyai peranan penting dalam pembekuan darah. Tetapi nyatanya bukan cuma itu, vitamin K pun berperan penting dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk mempertahankan kemampuan tulang & mencegah penumpukan kalsium di tempat yang salah.Manfaat vitamin K dapat kamu dapatkan dari sayuran , kale, kubis, dan sebagainya.

Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
nutrisi untuk kesehatan tulang dan sendi,- Menjaga kesehatan & kekuatan tulang yaitu hal utama yang mesti selalu dilakukan oleh setiap orang. karena dengan tulang yang sehat & kuat, badan tak dapat dapat melakukan segala...
Makanan Sehat Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *