Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Jul. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata,- Mata adalah jendela dunia, karena dengan maka kita dapat melihat warna-warni dunia. Mata yang sehat juga menunjang kita beraktivitas dengan baik dan leluasa, sedangkan mata yang sakit akan menghambat aktivitas apalagi bila penyakit tersebut menyebabkan gangguan penglihatan yang parah atau bahkan kebutaan. Oleh karena itu, harus menjaga kesehatan mata supaya tetap sehat sepanjang usia kita. Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan mata ialah dengan mengkonsumsi nutrisi yang berfungsi bagi kesehatan mata.

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata

nutrisi untuk mata

1.Beta-Carotene

Manfaat beta-carotene sebagai antioksidan bagi mata adalah mencegah terjadinya rabun senja dan mata kering. Selain itu, berfungsi untuk menguatkan sel-sel mata sehingga terhindar dari bakteri dan virus. Anda bisa mendapatkan antioksidan dari wortel, kentang manis, bayam, dan kol.

2.Bioflavonoids

Fungsinya ialah untuk menegah katarak, glaukoma, dan penurunan fungsi retina khususnya bagi mereka yang berusia diatas 60 tauhn. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti buah bluberry, strowberi, anggur merah, sayuran hijau, kacang kedelai dan teh.

3.Omega-3

Omega-3 berfungsi dapat membantu mencegah degenerasi makula dan kekeringan pada mata. Sumber makanan yang mengandung omega-3 ialah ikan-ikanan seperti ikan tuna, ikan salmon dan sebagainya.

4.Lutein dan Zeaxanthin

Dua antioksidan ini ditemukan dalam jagung, kuning telur, sayuran hijau. Zat ini dapat mencegah kerusakan retina dan lensa. Sebuah studi menyatakan bahwa Lutein dan Zeaxanthin mampu melindungi sel darah merah dari kerusakan akibat sinar ultraviolet 10 kali lebih baik daripada vitamin E.

5.Selenium

Manfaat  yang bisa diperoleh dari selenium jika dikombinasikan dengan vitamin C dan vitamin E adalah mengurangi resiko penurunan penglihatan di usia senja kekeringan serta kekeringan pada mata. Sumbernya terdapat pada udang, kepiting, salmon, kacang-kacangan dan beras merah.

6.Vitamin A

Vitamin A telah terbukti sebagai yang sangat menunjang kesehatan mata sama halnya dengan beta-carotene. Selain wortel, vitamin ini banyak juga diperoleh pada daging sapi atau ayam, telur, susu dan mentega.

7.Vitamin C

Kegunaannya sebagai antioksidan bagi sel-sel mata dapat anda termui pada buah jeruk, stroberi, brokoli, jambu dan paprika. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin untuk mencegah dan penyembuhan penyakit katarak.

8.Vitamin E

Selain baik untuk kulit, vitamin E dapat berfungsi menguatkan sel-sel retina yang melemah. Sumber vitamin E antara lain terdapat pad akacang hijau, biji bunga matahari, kacang tanah dan sayuran hijau.

9.Zinc

Zinc atau seng dianggap berguna bagi penderita katarak tahap awal karena mampu menstimulasi sel-sel dilapisan paling luar lensa. Mineral ini juga membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin A. Daging merah, tiram, biji bunga matahari, labu, jamur, gandum dan kacang-kacangan merupakan sumber zinc yang tinggi.

Demikian artikel kali ini tentang nutrisi penting untuk kesehatan mata. Terimakasih telah berkunjung di website kami tips sehat online , semoga artikel yang kami berkan dapat bermanfaat.

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata,- Mata adalah jendela dunia, karena dengan maka kita dapat melihat warna-warni dunia. Mata yang sehat juga menunjang kita beraktivitas dengan baik dan leluasa, sedangkan mata yang sakit akan menghambat...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *