Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 19 May. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil,- Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama sesudah memasuki kehamilan trimester ke 2, sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat terutama otak dan susunan syaraf. Bila ibu hamil mendapatkan nutrisi dan gizi yang seimbang, maka resik akan kesehatan ibu dan janin yang ada didalam kandungan akan semakin berkurang.

ibu hamil

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

1.Asam folat

Asam folat merupakan zat gizi yangs angat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk emnjaga tumbuh kembang janin di dalam kandungan selalu sehat. Wanita yang berencana hamil membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat perhari, dikonsumsi 3 bulan sebelum hamil sampai trimester pertama kehamilan (3 bulan pertama kehamilan). Konsumsi asam folat di masa sebelum dan masa trimester awal kehamilan sangat penting sebab permbentukan dan perkembangan tabung saraf bayi terjadi pada masa-masa awal kehamilan. Sesudah melewati trimester pertama kehamilan (kehamilan menginjak bulan ke 4) dan seterusnya selama hamil, ibu hamil membutuhkan skitar 600 mikrogram asam folat perhari.

Asam folat dapat diperoleh dari sumber alami yaitu makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran hijau, kedelai, kacang-kacangan dan hati.

2.Kalsium

Kalsium perlu dikonsumsi selama masa kehamilan sebab baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Kalsium dperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan tulang dan gigi bayi. Selain itu, kalsium juga bermanfaat dapat melancarkan sirkulasi darah, membantu supaya perkembangan sistem saraf janin berjalan normal dan bermanfaat untuk perkembangan bayi.

Kalsium dapat diperoleh dari sumber alami yaitu makanan dan minuman seperti susu, brokoli, bayam dan sebagainya.

3.Vitamin D

Vitamin D membantu mengoptimalkan fungsi kalsium dan fosfor dalam menguatkan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D selama masa kehamilan dapat menyebabkan timbulnya kelainan bentuk tulang yang cukup parah pada bayi baru lahir dan mempengaruhi berat badan bayi saat lahir. riset menunjukan bahwa vitamin D berperan sangat penting dalam menjaga fungsi normal saraf, otot, dan sistem imun tubuh, mengurangi resiko timbulnya diabetes gestasional dan preeklampsia selama kehamilan.

Vitamin D dapat diperoleh dari sumber alami yaitu makanan seperti telur daging, susu, ikan salmon, sarden. Namun mengkonsumsi ikan saat hamil sebaiknya dibatasi hanya sebanyak 2x dalam seminggi, sebab makanan laut tersebut kemungkinan besar mengandung berbagai logam berat sepertu timbal & merkuri.

4.Zat besi

Salama masa kehamilan, kebutuhan akan zat besi meningkat terutama selama trimester kedua dan ketiga kehamilan, sebab zat besi dibutuhkan dalam pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel tubuh bayi. Peranan zat besi juga diperlukan dalam pembentukan dan fungsi normal sel darah merah, termasuk dalam memperlancar tranfer oksigen ke seluruh tubuh.

Makanan yang mengandung zat besi ialah daging, ayam, ikan, telur, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

5.Seng

Selama kehamilan sangatlah perlu untuk menjaga supaya asupan seng tercukupi, sebab selama haml pertumbuhan dan perkembangan sel bayi meningkat sangat cepat. Seng juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan tulang dan otak. Seng dapat diperoleh dari sumber alami yaitu makanan seperti unggas, kaccng-kacangan, biji-bijian dan susu.

6.Yodium

Yodium sangat penting selama kehamilan dalam perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Kekurangan yodium selama hamil bisa mengganggu perkembangan fisik dan mental bayi, bahkan beresiko pula menyebabkan penurunan fungsi otak.

7.DHA

DHA (docosahexaenoic acid) atau asam lemak omega 3 merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Peranan DHA sangat vital dalam perkembangan fungsi otak dan mata bayi. DHA juga dapat menurunkan resiko kelahiran prematur dan meningkatkan berat badan bayi saat lahir.

DHA dapat diperoleh dari makanan ikan salmon, tuna, telur, keju, susu. Meskipun makanan laut merupakan sumber DHA yang paling baik, namun selama hamil tidak dianjurkan terlalu sering mengkonsumsi makanan laut tersebut, sebab adanya resiko tercemarnya ikan-ikan laut dengan berbagai logam berat yang berbahaya bagi kehamilan.

Itulah beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil. terimakasih terlah berkunjung ke website kami yaitu tips sehat online, semoga informsi yang kami berikan dapat bermanfaat.

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil,- Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama sesudah memasuki kehamilan trimester ke 2, sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat terutama otak dan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *