Mitos Kesehatan Yang Dikaitkan Dengan Fenomena Supermoon

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Feb. 2018 Kategori kesehatan

Baru saja semalam, tepatnya malam tanggal 31 Januari 2018 sebuah fenomena alam yang langka bernama Supermoon terjadi. Fenomena ini disebut Supermoon, karena termasuk gabungan dari Blood Moon dan Blue Moon.

Mitos Kesehatan Yang Dikaitkan Dengan Fenomena Supermoon

Terkait dengan fenomena tersebut, ternyata terselip beberapa mitos yang dipercayai masyarakat tentang dampaknya pada kesehatan. Kira-kira mitos kesehatan apa saja yang terkait dengan Supermoon?

Menurut para filsuf, menyebutkan jika bulan akan menyebabkan pasang surut air laut, begitu juga dengan pasang surut segala cairan termasuk dalam tubuh makhluk hidup. Oleh karennya, kejadian Supermoon disebut-sebut juga akan membawa dampak pada kesehatan tertentu.

Dan dibawah ini merupakan mitos-mitos yang dikaitkan dengan fenomena Supermoon.

1. Supermoon mengakibatkan gangguan tidur

Menurut studi pada tahun 2013 silam yang dilakukan oleh para peneliti di Swiss menyebut jika seseorang akan cenderung memiliki kualitas tidur yang rendah saat Supermoon. Hal ini diduga karena fenomena alam ini dapat menyebabkan penurunan kadar melatonin, yang merupakan hormon pengatur siklus tidur. Akan tetapi, kepala peneliti, Christian Cajochen, menyebutkan jika studi yang dilakukan bersama timnya tersebut masih memiliki kelemahan. Salah satunya adalah mereka (para peneliti) tidak benar-benar mendalami dan mempelajari seluruh aspek pada partisipan selama fenomena Supermoon.

Maka dari itu, anggapan yang menyebut jika Supermoon bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang, hal masih belum jelas kepastiannya. Karena yang sebenarnya sebuah studi baru dapat dijadikan sebagai acuan setelah dikaji secara berulang dengan penelitian-penelitian lanjutan yang sejenis.

2. Supermoon menyebabkan serangan Epilepsi.

Banyak yang mempercayai jika fenomena Supermoon membuat penderita Epilepsi mengalami serangan yang mendadak, berupa kejang-kejang. Terkait dengan kondisi ini, Profesor Neurologi dan Bedah Saraf di USF College Medicine, Dr. Selim Benbadis, MD., menemukan sesuatu yang janggal. Hal ini dikarenakan studi yang dilakukannya pada tahun 2004 dan diterbitkan di jurnal Epilepsy & Behavior tidak menemukan hubungan antara supermoon dan serangan Epilepsi.

3. Supermoon pengaruhi tingkat kesuburan dan kelahiran.

Orang yang hidup di zaman kuno percaya jika perubahan gravitasi akibat Supermoon akan berpengaruh pada tingkat kesuburan, bahkan membuat waktu persalinan menjadi lebih cepat. Dalam penelitian yang dilakukan di seluruh rumah sakit swasta di Kyoto, Jepang, menyebutkan bahwa terdapat 1.000 kelahiran baru mendekati waktu terjadinya Supermoon. Periset mengatakan, jika semakin dekat posisi bulan dengan bumi, semakin besar pula jumlah kelahiran yang akan terjadi. Hal ini terkait efek gravitasi yang ditimbulkannya.

Namun lagi-lagi, dalam penelitian tersebut masih harus ditelaah lebih jauh untuk memastikan kebenarannya. Karena penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya, yaitu pada tahun 1957, 1987, 1996, 1998, 2005, 2006, menyebutkan bahwa Supermoon tidak memiliki andil dalam pengaruh apa-apa terhadap tingkat kesuburan, kelahiran, hingga kematian.

4. Supermoon pengaruhi siklus menstruasi.

Mitos yang terakhir adalah terkait Supermoon yang mempengaruhi siklus menstruasi. Tidak sedikit teori dari peradaban kuno yang menghubung-hubungkan kejadian Supermoon dengan siklus menstruasi wanita. Hal ini dikarenakan siklus menstruasi yang terjadi sekitar 28 hari mirip dengan panjang fase bulan (29 hari).

Pada sebuah penelitian di jurnal Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica yang meneliti siklus menstruasi pada 826 wanita berusia 16-25 tahun menemukan bahwa hampir 30% partisipan mengalami menstruasi saat Supermoon.

Sangat unik jika mitos-mitos tentang fenomena alam Supermoon ini dikaitkan dengan masalah kesehatan. Namun yang jelas, kita tidak boleh langsung mempercayai, karena seperti yang disebutkan tadi, penelitian-penelitian dan pengkajian berulang harus dilakukan untuk mengakui mitos tersebut.

Semoga bermanfaat, salam 🙂

Posted by Hani.

Mitos Kesehatan Yang Dikaitkan Dengan Fenomena Supermoon Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Baru saja semalam, tepatnya malam tanggal 31 Januari 2018 sebuah fenomena alam yang langka bernama Supermoon terjadi. Fenomena ini disebut Supermoon, karena termasuk gabungan dari Blood Moon dan Blue Moon. Terkait dengan fenomena tersebut,...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *