Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Nov. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Minuman Sehat

Menjalani kegiatan olahraga di pusat kebugaran saat ini menjadi hal yang mulai banyak di gemari oleh masyarakat. Tentunya, selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan olahraga ini bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

minuman-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-sebelum-olahraga

Berolahraga memang membuat cairan dalam tubuh keluar dalam bentuk keringat. Namun, Anda juga sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi minuman untuk mengganti cairan yang telah terbuang. Perlu diketahui, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum olahraga, apa sajakah itu ?

Sport Drinks

Sebagian besar sport drinks tidak benar-bearn memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Jenis minuman ini terkadang memiliki kandungan gula dan elektrolit yang tinggi dan dapat membuat tubuh lebih dehidrasi dari biasanya.

Minuman Berenergi yang Mengandung Susu

Walaupun ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari susu, namun mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung susu akan menyebabkan penumpukan protein, lemak, dan karbohidrat yang sulit untuk dicerna. Ini tentu bukan kombinasi yang baik saat berolaraga karena bisa membuat perut tidak nyaman dan aktivitas olahraga pun menjadi tidak maksimal. Jika Anda membutuhkan asupan protein, alangkah baiknya jika Anda mencoba protein whey. Keduanya dapat dicerna tubuh lebih cepat daripada makanan yang kaya akan lemak dan karbohidrat ekstra.

Soda

Mengonsumsi minuman bersoda sebelum berolahraga dapat mengakibatkan sakit perut, gas berlebih, dan kembung. Soda juga mengandung banyak sodium yang dapat mendorong tubuh dehidrasi. Hal ini juga berlaku untuk diet soda yang akan memperburuk suasana hati, pusing, atau migrain.

Minuman Kemasan dengan Rasa Buah

Sebagian besar minuman kemasan dengan rasa buah-buahan mengandung gula yang tinggi atau pemanis buatan yang akan menambah kalori dalam tubuh dan menghambat energi selama olahraga.

“Sebagian besar sari buah mengandung sirup gula jagung yang tinggi fruktosa, pemanis buatan manusia yang terbukti memicu kerusakan liver, mengganggu metabolisme dan menyebabkan obesitas,” tegas

Jika Anda ingin menambahkan kesegaran pada air minum, cukup tambahkan potongan lemon, jeruk, berry, daun mint, atau basil pada botol air putih Anda. Atau Anda juga bisa minum air kelapa yang akan menggantikan elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Itulah beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga. Berdasarkan penelitian dari Columbia University, disarankan untuk minum 600 ml atau sekitar 2,5 gelas air putih 2 jam sebelum olahrag dan tambahan 250 ml saat pemanasan, serta 00.2 liter setiap 10 sampai 20 menit latihan, tergantung pad seberapa berat aktivitas Anda. Semoga bermanfaat.

By. Sri

Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Olahraga Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Menjalani kegiatan olahraga di pusat kebugaran saat ini menjadi hal yang mulai banyak di gemari oleh masyarakat. Tentunya, selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan olahraga ini bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Berolahraga memang...
Gaya Hidup Sehat Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *