Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Sep. 2017 Kategori kesehatan Minuman Sehat

Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol,- Hari raya Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan kurban, sehingga stok daging melimpah, termasuk daging kambing. Berbagai hidangan dengan bahan dasar daging pun banyak dihidangkan di meja makan untuk memanjakan lidah. Namun, sayangnya terlalu banyak mengonsumsi daging kambing ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Daging kambing diketahui dapat meningkatkan kolesterol dalma tubuh. Hal ini ditandai dengan kepala yang terasa sakit dan mual. Kolesterol jahat atau disebut juga LDL dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang kemudian bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Biasanya obat kolesterol menjadi salah satu solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, selain itu, ternyata terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Salah satu minuman yang diketahui efektif untuk membantu menurunkan kolesterol adalah teh.

Teh meruapakan salah satu minuman yang cukup banyak disukai, selain kopi dan susu. Biasanya teh menjadi teman saat berkumpul bersama rekan, sahabat, ataupun keluarga. Teh juga sering dijadikan sebagai pelengkap menu sarapan di pagi hari.

Beberapa jenis teh yang biasa ditemui adalah white tea, green tea, black tea, dan oolong tea. Dibandingkan dengan teh lainnya, menurut penelitian white tea memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh proses pengolahannya sendiri. White tea diolah tanpa proses oksidasi sehingga efektivitasnya terhadap kesehatan lebih baik dan rasanya lebih ringan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Food Science, dibandingkan dengan green tea, white tea memiliki kandungan katekin (antioksidan) sebanyak 14.10 – 369.60 mg/g. Sedangkan green tea memiliki kandungan katekin sebanyak 21.38 – 228.20 mg/g.

Katekin terbukti dapat mengeliminasi racun dalam tubuh, membakar timbunan lemak, membantu meregulasi kolesterol, dan memperbaiki fungsi arteri.

Untuk mendapatkan manfaat white tea secara maksimal, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 2 cangkir teh per hari. Disarankan untuk tidak melengkapi teh dengan tambahan apapu, agar khasiat yang terkandung didalamnya tidak berkurang.

White tea memang dapat menurunkan kadar kolesterol darah, namun jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi obat antikolesterol yang tepat dan efektif.

By Sri Maryati

Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol,- Hari raya Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan kurban, sehingga stok daging melimpah, termasuk daging kambing. Berbagai hidangan dengan bahan dasar daging pun banyak dihidangkan di meja...
kesehatan Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *