Benarkah Minum Teh Panas Bisa Picu Kanker Kerongkongan?

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Feb. 2018 Kategori kesehatan

Benarkah Minum Teh Panas Bisa Picu Kanker Kerongkongan?,- Teh merupakan salah satu jenis minuman yang cukup banyak disukai. Meminum secangkir teh bisa membuat Anda lebih rileks. Namun, perlu diketahui, sebaiknya hindari minum teh yang masih panas, karena ini berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Tiongkok menyebutkan jika sebaiknya kita tidak mengonsumsi teh panas karena bisa memicu timbulnya kanker kerongkongan. Bahkan, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, kebiasaan minum teh panas ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker hingga 5 kali lipat.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisa data dari 456.000 orang berusia 30-70 tahun di China. Pada awal studi, para responden diminta untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan minum teh, sebera sering, jenis teh, dan juga bagaimana mereka menyiapkan teh. Termasuk juga pertanyaan tentang suhu minuman mereka, apakah panas atau dingin.

Walaupun hal ini terdengan tidak masuk akal, mengingat teh termasuk dalam minuman yang menyehatkan dan kaya akan kandungan antioksidan. Namun, faktanya air teh yang memiliki suhu lebih dari 65 derajat celcius bisa menyebabkan luka pada lapisan kerongkongan. Padahal, lapisan kerongkongan memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari racun berbahaya yang bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi atau dari minuman beralkohol dan asap beracun dari rokok.

Namun, Anda tidak perlun khawatir berlebihan, karena rata-rata suhu air yang digunakan untuk menyeduh teh seringkali tidak lebih dari 65 derajat celcius. Sehingga tidak berisiko menyebabkan kanker kerongkongan.

Terkait dengan teh dan kanker kerongkongan ini, penulis utama dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking, Dr Jun Lv menyebutkan bahwa teh merupakan minuman paling umum di seluruh dunia. Dan paling nikmat jika diminum dalam kondisi panas, terutama saat musim dingin.

“Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan kerja dari teh yang terhambat ke saluran pencernaan serta cedera termal kronis pada mukosa esofagus, tidak berarti harus ditakutkan,” kata Jun.

Walaupun begitu, alangkah baiknya memang kita tidak meminum teh saat air masih terlalu panas dan tidak melakukan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol untuk menghindari risiko kanker kerongkongan.

Baca juga :

Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma
Minum Teh Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

 

By Sri Maryati

Benarkah Minum Teh Panas Bisa Picu Kanker Kerongkongan? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Benarkah Minum Teh Panas Bisa Picu Kanker Kerongkongan?,- Teh merupakan salah satu jenis minuman yang cukup banyak disukai. Meminum secangkir teh bisa membuat Anda lebih rileks. Namun, perlu diketahui, sebaiknya hindari minum teh yang...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *