Mewaspadai Penyakit yang Sering Timbul saat Banjir

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Feb. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Curah hujan yang tinggi dan terus menerus bisa memicu timbulnya banjir. Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan penyakit yang sering menyerang saat banjir.

Berikut ini penyakit yang sering timbul saat banjir yang perlu diwaspadai :

Ruam kulit

Ruam atau gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit. Kontak lama dengan air dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Untuk itu, gunakan sepatu boots saat membersihkan rumah atau melakukan aktivitas di area banjir. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tubuh Anda dengan air dan sabun antiseptik agar terhindari dari penyakit tersebut.

Diare

Ketika banjir, sumber-sumber air minum masyarakat. khususnya sumber air minum dari sumur dangkap akan ikut tercemar. Selain itu, ketika banjir juga biasanya akan terjadi pengungsian di mana fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial untuk menimbulkan penyakit diare yang disertai dengan penularan yang cepat.

Infeki saluran pernapasan akut (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan akut dapat berupa bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utamanya dapat berupa batuk dan demam, jika berat kemungkinan disertai dengan sesak napas, nyeri dada, dll.

Demam tifoid

Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang dapat mengontaminasi makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Untuk menghindarinya, pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi terjaga kebersihannya. Hindari mengonsumsi makanan dari area yang tidak bersih dan berisiko terkontaminasi bakteri. Pastikan juga Anda mencuci tangan saat menyiapkan makanan dan sebelum makan.

Demam berdarah

Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti, yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini disebabkan karena pada saat musim hujan banyak sampah, seperti kaleng bekas, ban bekas, serta tempat-tempat tertentu yang terisi air sehingga terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat.

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau infeksi pada mata dapat disebabkan oleh bakteri. Ketika musim banjir, Anda rentan terkena konjungtivitis karena kebiasaan menggosok mata dengan tangan atau handuk yang kotor. Untuk menghindarinya, cucilah tangan secara rutin. Jika Anda merasakan gatal di area mata, hindari mengucek atau menggosoknya.

Leptospirosis

Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan. Di Indonesia sendiri hewan penular utama yaitu tikus melalui kotoran dan air kencingnya. pada musim hujan, terutama saat banjir, tikus-tikus akanikut keluar menyelamatkan diri.

Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia dimana kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir tersebut. Seseorang yang memiliki luka, kemudian terendam air banjir yang tercampur dengan kotoran/aie kencing tikus yang telah terinfeksi bakteri leptospira, maka berisiko terinfeksi leptospirosis.

By. Sri Maryati

Mewaspadai Penyakit yang Sering Timbul saat Banjir Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Curah hujan yang tinggi dan terus menerus bisa memicu timbulnya banjir. Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan penyakit yang sering menyerang saat banjir. Berikut ini penyakit yang sering timbul saat banjir...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *