Mewaspadai Bahaya Makan Sambil Tiduran Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Sep. 2017 Kategori kesehatan

Mewaspadai Bahaya Makan Sambil Tiduran Bagi Kesehatan,- Mungkin kita pernah atau bahkan sering makan sambil tiduran dan menonton televisi. Hal ini memang sangat menyenangkan. Makan sambil tiduran ternyata tidak hanya dilakukan oleh generasi mager. Aktivitas ini ternyata sudah lebih dulu dilakukan oleh kaum bangsawan Romawi Kuno sebagai tanda kekuasaan dan kemewahan. Mereka makan sambil berbaring saat pesta pora atau simposium politik, sedangakn dayang-dayang cantik melayani mereka.

Tapi, perlu diketahui, makan sambil tiduran memiliki dampak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini bahaya makan sambil tiduran bagi kesehatan yang patut diwaspadai, diantaranya :

Termasuk kebiasaan makan yang buruk

Ketika Anda makan sambil tiduran, ada banyak hal yang harus dikhawatirkan, salah satunya adalah berat badan. Ketika Anda makan sambil tiduran dan disibukkan oleh kegiatan lain, seperti nonton TV, maka Anda tidak dapat mengukur seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan Anda mungkin makan terlalu banyak dan melewati batas kenyang tanpa Anda sadari. Makan dalam prosi besar sekaligus merupakan kebiasaan makan yang buruk dan tidak sehat yang harus dihindari.

Menyebabkan naiknya asam lambung

Makan sambil tiduran merupakan faktir risiko dari refluks asam lambung atau GERD. Refluks asam lambung merupakan kondisi gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan rasa asam di mulut dan rasa terbakar di dada.

Diantara kerongkongan sampai lambung ada sebuah klep yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas pergerakan makanan, dan kerjanya dipengaruhi oleh gravitasi. Ketika Anda makan sambil tiduran, maka gaya gravitasi akan melinggarkan klep sehingga menyebabkan asam makanan yang sudah tercerna dalam perut mengalir balik ke dalam kerongkongan.

Asam lambung dapat mengikis lapisan dinding kerongkongan dan menyebabkan luka di kerongkongan, dan ini dapat menyebabkan rasa sakit atau kesulitan saat menelan. Asam lambung yang bocor menuju kerongkongan juga bisa menyebar hingga ke saluran pernapasan dan juga organ THT.

Menyebabkan perut begah

Pstur tubuh saat makan sangat mempengaruhi seberapa baik kita mencerna makanan. Makan sambil tiduran dapat memperlambat pergerakan makanna untuk menuju lambung setelah ditelan, sehingga lama kelamaan akan menumpuk yang pada akhirnya jadi memperlambat kerja sistem pencernaan.

Stres yang diterima oleh sistem pencernaan ini membuat dinding perut kaku, yang meningkatkan tekanan pada perut bagian bawah. Akibatnya, tekanan besar ini mendorong makanna hingga mendesak gerbang katup lambung, yang memungkinkan kebocoran lebih banyak jumlah ‘sampel makanan’ yang seharusnya diterima usus. Inilah yang dapat menyebabkan rasa begah yang tidak nyaman setelah makan.

By Sri Maryati

Mewaspadai Bahaya Makan Sambil Tiduran Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mewaspadai Bahaya Makan Sambil Tiduran Bagi Kesehatan,- Mungkin kita pernah atau bahkan sering makan sambil tiduran dan menonton televisi. Hal ini memang sangat menyenangkan. Makan sambil tiduran ternyata tidak hanya dilakukan oleh generasi mager. Aktivitas...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *