Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa Dan Sahur

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Jun. 2016 Kategori Makanan Sehat

Tips sehat online kali ini akan membahas tentang menu makanan sehat untuk buka puasa dan sahur. Sudah 5 hari umat islam , terutama di indonesia melaksanakan puasa ramadhan. Berbagai aktivitas juga sedikit berubah, apalagi dalam masalah ketika makan yang dialihkan ke dini hari dan sore hari menjelang malam.

Berpuasa di bulan Ramadhan memang membutuhkan stamina yang lebih sebab seharian harus menahan lapar dan haus di tengah aktivitas yang cukup berat. Pasti seseorang andapun membutuhkan nutrisi atau makanan yang sehat, baik ketika buka puasa maupun saat sahur. Dan menjaga keseimbangan nutrisi, baik itu berupa cairan ataupun jenis makanan yang dimakan. Supaya jangan sampai aktivitas berpuasa justru diisi dengan bermalas-malasan lantaran kurang nutrisi dalam tubuh.

menu untuk buka puasa dan sahur

Berbagai Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa Dan Sahur

Menu makanan sehat untuk buka puasa

Buah dan sayur

Buah dan sayur ialah makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi dikala berbuka puasa. Lantaran buah sayur mengandung serat yang digunakan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi ke-2 makanan tersebut , sehingga kebutuhan serat harian dapat terpenuhi walaupun tidak makan dan minum di siang hari.

Ikan

Makan ikan juga dapat menjadi asupan nutrisi yang diperlukan untuk berpuasa. Minyak ikan EPA & DHA terbukti bisa meningkatkann fungsi otak, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

Kurma

Kurma mengandung glukosa & fruktosa juga kalium yang sangat tinggi. Selain itu juga memiliki kandungan Beta-D-glukan yaitu serat larut yang baik buat kesehatan. Konsumsi kurma diwaktu berbuka puasa sangat baik untuk meningkatkan kembali kadar gula yang sudah turun selama berpuasa seharian.

Cairan

Minum setidaknya 2 gelas air ketika berbuka , sebelum teraweh dna 2 gelas lagi sebelum tidur. Sebaiknya minum air putih, jus buah yang segar atau air kelapa biar badan masihlah terhidrasi.

Menu makanan sehat untuk sahur

Makanan yang mengandung karbohidrat

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting untuk menentukan ketersediaan energi anda. Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya beras merah, roti gandum, sereal, oat, kentang & lentil. Karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara bertahap maka akan menjaga kenaikan gula darah (glukosa) dan memberikan “rasa kenyang” yang lebih lama.

Makanan yang mengandung protein dan lemak

Walaupun perlu dibatasi, lemak tetap dibutuhkan tubuh buat mencerna vitamin A . D , E & K. Penambahan lemak dalam makanan juga dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi lebih lama. Pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan laut.

Konsumsi juga makanan yang mengandung protein seperti tempe, tahu, daging ayam tanpa kulit dan lain-lain. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel yang rusak dna meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayur dan buah

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) adalah salah satu gangguan pencernaan yang muncul di bulan puasa. Oleh sebab itu, mengkonsumsi sayur & buah yang mengandung serat. Makanan yang kaya akan serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama dan akan mencegah lonjakan asam lambung.

Cairan

Cukupi pula asupan cairannya, sebab kecukupan cairan diwaktu berpuasa penting untuk mencegah dehidrasi. Bila jumlah disarankan perhari 8 gelas, bagi pemenuhannya disaat sahur , buka dan malam menjelang tidur. Konsumsi pula jus buah yang segar yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi disaat sahur dapat mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi jus tanpa gula.

Itulah menu makanan sehat untuk buka puasa dan sahur, yang sangat baik anda masukan dalam menu makanan buka atau sahur.

Baca juga : Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa Dan Sahur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online kali ini akan membahas tentang menu makanan sehat untuk buka puasa dan sahur. Sudah 5 hari umat islam , terutama di indonesia melaksanakan puasa ramadhan. Berbagai aktivitas juga sedikit berubah, apalagi...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *