Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Mar. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Makanan Sehat

Bukan hanya obat darah tinggi saja yang dibutuhkan ketika anda mengalami tekanan darah tinggi, namun asupan makanan sehat pun harus di jaga. Karena, ada beberapa menu makanan yang dapat meningkatkan darah sehingga kondisi anda memburuk. Maka dari itu, mari kita kenali beberapa menu makanan sehat penurun tekanan darah tinggi.

Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

menu makanan penurun tekanan darah tinggi

  • Sayuran hijau

Seperti bayam, seledri dan ketumbar merupakan sumber kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam memiliki kandungan rendah kalori, tinggi serat dan mengandung nutrisi sehat seperti potasium, folat dan magnesium sebagai bahan utama untuk menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. Tidak hanya itu, seledri dan ketumbar juga dapat menjadi alternatif dalam menurunkan tekanan darah.

  • Tomat

Tomat kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin E yang cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, penebalan pembuluh darah serta dapat membantu menghilangkan penyumbatan pada jantung. Maka dari itu, satu siung bawang putih memberikan efek yang baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita darah tinggi.

  • Gandum

Gandum menjadi makanan pengganti nasi, penderita darah tinggi dapat menurunkan darah tinggi dengan mengkonsumsi gandum secara rutin dan teratur.

  • Biji bunga matahari

Ini bisa dijadikan cemilan bagi penderita hipertensi, karena mampu membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anda.

  • Minyak zaitun

Senyawa antioksidan pada minyak zaitun berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Bahkan, baru-baru ini telah ditemukan senyawa zaitun hydroxytyrosol yang berasal dari buah zaitun yang merupakan senyawa superantioksidan paling baik untuk kesehatan jantung anda.

  • Kentang putih

Terdapat kandungan magnesium dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan menjaga keseimbangan dari kedua mineral tersebut, maka hal ini dapat membantu anda dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

  • Pisang

Buah ini menjadi sumber kalisum yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Kedelai

Adalah sumber kalium dan magnesium, keduanya berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah.

  • Buah-buahan segar

Seperti, alpukat, zaitun, mengkudu. buah-buahan segar mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang mampu menstabilkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa menu makanan sehat yang harus anda tambahkan kedalam daftar harian anda. Selain makanan diatas, anda juga perlu mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini juga dapat membantu anda menstabilkan tekanan darah. Bukan hanya itu, minum air putih juga dapat mencegah anda dari penyakit lainnya.

| Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

 

 

Writed by Ayu A

Menu Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bukan hanya obat darah tinggi saja yang dibutuhkan ketika anda mengalami tekanan darah tinggi, namun asupan makanan sehat pun harus di jaga. Karena, ada beberapa menu makanan yang dapat meningkatkan darah sehingga kondisi anda...
Gaya Hidup Sehat Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *