Mengetahui Ragam Manfaat teh Oolong Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Mar. 2017 Kategori Minuman Sehat

Anda mungkin sering mendengar teh hitam, teh hijau, atau teh putih. Tapi, apakah Anda pernah mendengar atau mengonsumsi teh oolong ? Di Indonesia sendiri, teh oolong memang tidak sepopuler teh hitam atau teh hijau. Namun, siapa sangka teh yang lahir dari pegunungan di Tiongkok ini dipercaya memiliki beragam khasiat dan manfaat bagi kesehatan.

Jenis-jens teh tersebut merupakan hasil olahan dari daun, tunas, dan batang tanaman Camellia Sinensis. Meskipun berasal dari tanaman yang sama, namun setiap jenisnya memiliki perbedaan, terutama dari segi pengolahan hingga khasiatnya.

Ragam Manfaat teh Oolong Bagi Kesehatan

Semua jenis teh, termasuk teh oolong kaya akan kandungan antioksidan, polyphenol dan flavonoid yang dapat membantu menangkal radilah bebas penyebab kanker dan penyakit mematikan lainnya. Teh juga mengandung kafein dan theanine. Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, jantung, dan otot. Teh oolong juga memiliki kandungan teofilin dan teobromin yang mirip dengan kafein.

Selain teh hitam dan teh hijau, teh oolong ini juga cukup banyak di cari karena khasiat yang dimilikinya. Nah, berikut ini ragam manfaat teh oolong bagi kesehatan yang perlu diketahui :

Menstabilkan gula darah

Orang yang menderita diabetes tipe 2 umumnya memiliki kadar glukosa darah yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mernderita diabetes bisa mengonsumsi teh oolong untuk menormalkan glukosa darah.

Menurunkan kolesterol

Teh oolong juga disebutkan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Itu membuat teh ini bisa membantu meningkatkan keseahatn jantung. Kandungan polifenol yang ada didalamnya juga mampu mengaktifkan enzim lipase yang bisa melarutkan lemah tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi

Penelitian di Cina menunjukkan bahwa minum teh oolong secara teratur setiap hari juga dipercaya dapat mengurangi risiko tekana darah tinggi hingga sekitar 50%.

Mencegah osteoporosis

Selain susu, Anda juga bisa mengonsumsi teh oolong untuk menguatkan tulang. Oolong dapat mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi teh oolong cenderung memiliki tulang yang lebih padat, hal ini disebabkan karena teh oolong dapat membantu mempertahankan mineral dari makanan sehat yang dikonsumsi.

Membantu menurunkan berat badan

Ini merupakan salah satu manfaat teh oolong yang  bisa Anda dapatkan ketika diet. Teh oolong dapat membantu membakar lemak lebih cepat dengan menaikkan metabolisme, dua jam setelah meminumnya. Oolong juga mengandung polifenol yang bisa memblokir enzim yang membangun lemak di tubuh.

Mencegah kerusakan gigi

Teh oolong juga bisa melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri tertentu. Itu artinya, teh ini sangat efektif dalam mencegah kerusakan gigi dan pembangunan plak.

Meningkatkan fokus

Satu cangkir teh oolong dapat membantu meningkatkan fokus karena mengandung kafein. Sebagai alternatif untuk meningkatkan fokus saat bekerja, Anda mungkin bisa mengganti kopi dengan teh oolong.

Menyehatkan rambut

Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh oolong juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Kita bisa menggunakannya untuk membias rambut. Hasilnya rambut akan menjadi lebih tebal dan berkilau.

By Sri Maryati

Mengetahui Ragam Manfaat teh Oolong Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda mungkin sering mendengar teh hitam, teh hijau, atau teh putih. Tapi, apakah Anda pernah mendengar atau mengonsumsi teh oolong ? Di Indonesia sendiri, teh oolong memang tidak sepopuler teh hitam atau teh hijau....
Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *