Mengetahui Penyakit Kulit yang Umum Dialami Orang Dewasa

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Sep. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Kulit merupakan bagian terluar dan paling sensitif pada tubuh manusia, sehingga tidak sedikit berbagai masalah yang sering menyerang pada setiap orang. Namun, Karena terjadi di bagian luar, tidak sedikit yang menganggap sepele penuyakit yang terjadi pada kulit.

Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa penderita penyakit kulit merupakan orang-orang yang kurang bisa menjaga kebersihan tubuh. Anggapan tersebut menjadikan penderita merasa malu dan cenderung menyembunyikan penyakitnya dan bukan menyembuhkannya.

Mengetahui Penyakit Kulit yang Umum Dialami Orang Dewasa

mengetahui-penyakit-kulit-yang-umum-dialami-orang-dewasa

Sebenarnya, anggapan negatif dari masyarakat sekitar tersebut lebih karena kurangnya informasi mengenai penyakit kulit yang dialami. Padahal, beberapa diantaranya merupakan gangguan yang umum dialami orang dewasa. Berikut beberapa jenis penyakit kulit yang umum diderita orang dewasa :

Eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang kerang dialami oleh orang dewasa. Penyakit ini merupakan gangguan kulit yang ditandai dengan timbulnya bercak-bercak yang meradang dan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini juga biasa dikenal dengan sebutan dermatitis atopik. Biasanya, kondisi ini menyerang sisi dlam dai siku atau daerah belakang lutut remaja atau orang dewasa.

Penyebab dari penyakit kulit eksim ini belum dimengerti sepenuhnya oleh para ahli medis, namun kuat dugaan bahwa hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Untuk mengatasinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari memberikan obat-obatan, melakukan terapi menggunakan cahaya, hingga mengubah gaya hidup.

Herpes Zoster

Salah satu ciri dari penyakit herpes zoster yaitu adanya ruam tidak rata berukuran kecil yang bisa melepuh. Kulit yang terjangkit oleh penyakit ini akan terasa perih, gatal, atau sangat sensitif. Daerah yang paling sering menderita herpes zoster yaitu pada badan atau bokong. Walaupun begitu, masih ada kemungkinan bahwa penyakit ini bisa timbul di bagian tubuh manapun.

Pengobatan penyakit kulit herpes zoster ini bisa dilkaukan dengan pemberian krim antivirusm steroid, atau antidepresan. Pada umumnya, seseorang akan terkena penyakit ini selama sekitar 2 minggu. Walaupun begitu, rasa sakit, mati rasa, dan gatal-gatal kemungkinana masih akan terasa hingga waktu yang lebih lama, mulai dari berbulan-bulan hingga seumur hidup. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatasi kondisi ini sedini mungkin agar nyeri yang dirasakan tidak menetap.

Psoriasis

Tidak hanya beberapa penyakit kulit diatas, orang dewasa juga sering mengalami penyakit kulit berupa bercak merah bersisik yang biasa disebut dengan psoriasis. Bercak ini umumnya timbul di daerah siku, lutut, dna punggung bagian bawah. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal atau sakit di kulit yang terkena.

Walaupun sebagian orang merasakan dampak dari psoriasis tidak signifikan, namun sebagian penderita lainnya menganggap penyakit kulit ini mengganggu aktivitas mereka. Untuk meringankan gejala yang timbul, beberapa pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian krim, salep, terapi cahaya, injeksi obat, atau obat oral. Jika penyakit ini masih dalam tahap wajar, maka bisa ditangani melalui konsultasi dengan dokter umum. Namun, pada kondisi yang sudah parah, pengobatan biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan kronis pada daerah wajah. Rosacea hampir sama dengan jerawat yang biasa dialami oleh remaja, namun ini diderita oleh orang dewasa. Peradangan tersebut bisa berbentuk kemerahan, melebarnya pembuluh darah, benjolan kecil (pulpa), bintik-bintik kecil berisi nanah (pustula), dan kemunculan jaringan ikat pada hidung yang berlebihan.

Urtikaria

Penyakit kulit yang umum dialami orang dewasa yang terakhir yaitu urtikaria atau dikenal juga dengan istilah biduran. Ciri-ciri penyakit ini biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal, bilur-bilur, atau ruam yang menjengkelkan. Gangguan kulit ini mungin timbul di salah satu bagian tubuh atau bisa tersebar di area tubuh yang lebih luas.

Biasanya urtikaria akan sembuh dalam beberapa hari meskipun tanpa menjalani pengobatan. Antihistamin mungkin akan diperlukan, terutama ketika rasa gatal yang menyerang menjadikan penderita merasa tidak nyaman. Jika gejala yang timbul akibat urtikaria tidak hilang dalam waktu lebih dari 48 jam, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Mengetahui Penyakit Kulit yang Umum Dialami Orang Dewasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kulit merupakan bagian terluar dan paling sensitif pada tubuh manusia, sehingga tidak sedikit berbagai masalah yang sering menyerang pada setiap orang. Namun, Karena terjadi di bagian luar, tidak sedikit yang menganggap sepele penuyakit yang...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *