Mengetahui Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Diposkan oleh : pada tanggal 21 Nov. 2017 Kategori kecantikan kesehatan manfaat

Mengetahui Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan dan Kecantikan,- Wasabi merupakan salah satu bahan yang sering ditambahkan pada masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Wasabi adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Daun, tangkai, dan rizoma dari tanaman ini memiliki aroma harum sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tetapi bukan pedas di lidah seperti cabai.

Wasabi diketahui memiliki kandungan serat, protein, dan energi. Selain itu juga mengadnung mineral, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, dan zinc yang semuanya alami dan merupakan elemen yang diperlukan untuk keseimbangan diet.

Wasabi juga kaya akan kandungan vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin B6. Tanaman ini juga memiliki kadar yang tinggi untuk antioksidan seperti isothiocyanates, dan kolesterolnya rendah.

Selain memiliki kandungan mineral yang sehat, berikut ini merupakan manfaat wasabi bagi kesehatan dan kecantikan yang juga dimilikinya, diantaranya :

  • Efek antibakteri

Wasabi memiliki fungsi untuk memerangi infeksi bakteri. Studi terbaru menyebutkan bahwa wasabi merupakan makanan antibakteri paling sukses dalam melawan bakteri E. coli dan Staphylococcus Aureus (infeksi Staph). Isothiocyanates yang terkandung didalam wasabi inilah yang menetralisir racun dan bakteri berbahaya yang bisa menyerang tubuh. Beberapa perusahaan bahkan membuat sebuah produk seperti krim dan jel antibakteri dengan ekstrak wasabi untuk menambah kekuatan dan efektivitas obat tersebut.

  • Mencegah keracunan makanan

Di negara asalnya, Jepang, wasabi memang menjadi pasta andalam untuk mencegah tumbuhnya microba yang bisa menyebabkan keracunan dan sakit perut. Adanya kandungan allyl isothiocyanates didalamnya membantu melawan racun yang bisa disebabkan oleh bakteri atau parasit dari dalam makanan yang dikonsumsi, terutama makanan mentah seperti ikan.

Jepang memang terkenal dengan budaya mengonsumsi ikan mentah. Meskipun demikian, memakan sajian ikan mentah sangat rentan dengan bakteri atau cacing. Maka dari itu, wasabi menjadi salah satu bahan yang mampu bekerja sebagai zat untuk menetralisir dan membunuh spora jamur atau bakteri dalam ikan segar yang sering dikonsumsi.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Senyawa 6-MSITC yang dimiliki wasabi juga dapat menghambat agregasu trombosit, penggumpalan trombosit menjadi bekuan darah. Artinya, wasabi juga dapat mencegah penggumpalan darah dan secara efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

  • Melawan pilek dan alergi

Wasabi ternyata juga baik digunakan sebagai obat herbal pilek, flu, atau alergi. Wasabi menghasilkan gas yang berasa dari senyawa allyl isothiocyanates, yaitu senyawa paling efektif untuk melawan bakteri atau pathogen penyebab pilek, flu, hingga mampu meredakan masalah sinus.

  • Mencegah kanker

Mengonsumsi wasabi ternyata bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Isothiocyanates yang terkandung didalamnya merupakan penyebab utamanya. Zat ini bisa menghambat perkembangan leukemia dan sel kanker perut. Ia juga mengembangkan apoptosis (sel mati) dalam 24 jam setelah dikonsumsi.

Mengonsumsi wasabi dapat mencegah pertumbuhan tumor, bahkan saat ukurannya masih kecil ketika pra-pengobatan. Isothiocyanates mampu membunuh sel kanker tanpa merusak bagian yang sehat di sekitar sel.

  • Mencegah penuaan dini

Wasabi diketahui mengandungan sulfiny atau senyawa antioksidan terkuat yang dapat mengurangi penuaan dini. Masker wasabi ampuh melawan kanker, mengurangi kerutan dan lipatan tubuh sebagai akibat dari proses penuaan. Alhasil, ramuan ini ampuh untuk mengencangkan kulit wajah serta menutrisinya.

  • Mencegah jerawat

Wasabi juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami sehingga mampu membuat kulit wajah cerah dan bebas jerawat. Wasabi mengandung ekstrak alami yang membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Melalui uji vitro, ekstrak wasabi mengadnung hingga 99% antibakteri dan bermanfaat sebagai herbal wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam.

By Sri Maryati

Mengetahui Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan dan Kecantikan,- Wasabi merupakan salah satu bahan yang sering ditambahkan pada masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Wasabi adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Daun,...
kecantikan kesehatan manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *