Mengetahui Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Apr. 2017 Kategori manfaat

Mengetahui Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam,- Kaki termasuk salah satu bagian tubuh yang dipenuhi oleh ribuan ujung saraf, terlebih lagi di sekitar telapak kaki. Sehingga bagian ini sering digunakan oleh pengobatan tradisional Cina sebagai titik akupuntur. Maka dari itulah, kaki bisa menjadi mediator pertama ketika tubuh sedang mengalami masalah.

Untuk menjaga kesehatan kaki, maka sudah sepatutnya kita melakukan perawatan. Merendam kaki dengan air garam merupakan perawatan sederhana yang efektif untuk mengatasi masalah pada kaki. Sudah sejak lama merendam air dengan air garam telah dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pada kaki.

Merendam kaki ini termasuk refleksi pada kaki yang dapat membuat kaki menjadi lebih ringan. Manfaat refleksi kaki juga dipercaya dapat menghilangkan pegal-pegal, keram, dan kesemutan. Untuk berendam dengan menggunakan air garam, dianjurkan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat. Kandungan magnesium sulfat pada garam dapat meredakan nyeri otot ataupun memar.

Selain itu, berikut ini manfaat merendam kaki dengan air garam yang perlu diketahui :

Salah satu cara untuk merawat kebersihan dan kesehatan kuku

Merendam kaki dalam air garam hangat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku kaki. Merendam kaki dalam air garam sebelum menggunting kuku kaki akan membuatnya lebih lunak, sehingga mudah untuk dirapikan. Hal ini terutama bagi yang memiliki kuku kaki tebal dan sulit dipotong. Namun, hal ini harus diseimbangi dengan perawatan lainnya, seperti menjaga kebersihan kuku, memotong kuku secara rutin, tidak menggigit kuku, dan menggunakan sepatu dengan ukuran yang benar. Hal ini penting dilakukan, karena kebersihan dan kesehatan kuku kaki dan jari mampu mencerminkan kesehatan tubuh.

Mengatasi kaki pecah-pecah

Kaki kering dan tumit pecah-pecah bisa diatasi dengan merendam kaki pada air garam hangat. Cara ini juga dapat membuat kaki menjadi lebih rileks.

Menghilangkan bau kaki

Kondisi kaki yang lembab karena tertutup sepatu sepanjang hari menjadi tempat yang sempurna untuk bakteri berkembangbiak. Pertemuan bakteri dan keringan yang keluar dari pori-pori kaki menyebabkan timbulnya bau tidak sedap pada kaki. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki ke dalam air garam.

Caranya dengan melarutkan setengah cangkir air garam ke dalam bak air hangat besar dan merendam kaki selama 10-20 menit. Merendam kaki ke dalam air garam dapat mengurangi kelembapan kaki sehingga bakteri penyebab bau tidak menempel pada kulit kaki.

Mengurangi rasa nyeri pada kaki

Berdasarkan sebuah survei, sekitar 61% wanita menghabiskan waktu lebih dari 4 jam untuk berdiri seharian. Padahal, berdiri terlalu lama kurang baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan kaki terasa nyeri. Maka dari itu, setelah berdiri lama, dianjurkan untuk merendam kaki ataupun tubuh dalam air garam hangat.

Berendam dalam air garam hangat selama 20 menit mampu membuat kaki menjadi rileks dan membantu mengusir rasa nyeri yang timbul. Tidak hanya itu, penggunaan garam yang mengadnung magnesium sulfat juga dapat memberikan manfaat lebih, seperti membuat otot menjadi rileks, mengurangi rasa nyeri, dan menenangkan sistem saraf tubuh.

Mengurangi pembengkaka dan nyeri pada kuku yang tumbuh ke dalam

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan memang terasa menyakitkan. Maka dari itu, sebelum terjadinya infeksi lebih lanjut, disarankan untuk melakukan perawatan sendiri di rumah dengan merendam kaki ke dalam air garam hangat. Luangkan waktu selama kurang lebih 15 menit setiap harinya untuk merendam kaki ke dalam air garam hangat untuk meredakan bengkak dan rasa nyeri.

Mengatasi infeksi jamur pada kaki

Infeksi jamur kaki tidak boleh disepelekan, hal ini disebabkan karena dapat menyebar ke kuku kaki bahkan tangan. Biasanya, infeksi jamur kaki terjadi karena kebiasaan tidak menggunakan alas kaki saat berada di kamar ganti, toilet umum, atau pinggir kolam renang. Waspadai jika kaki terasa gatal, perih, lecet, kulit mengelupas, melepuh, atau terbakar karena bisa jadi ini pertanda adanya infeksi jamur kaki.

Obat antijamur topikal dapat membantu mengatasi infeksi kamur. Namun, jika Anda lebih memilih untuk melakukan perawatan sederhana di rumah, maka cobalah untuk merendam kaki dengan air garam hangat untuk mengurangi lecet.

By Sri Maryati

Mengetahui Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam,- Kaki termasuk salah satu bagian tubuh yang dipenuhi oleh ribuan ujung saraf, terlebih lagi di sekitar telapak kaki. Sehingga bagian ini sering digunakan oleh pengobatan tradisional Cina sebagai...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *