Mengetahui Fakta Terbaru Seputar Kanker Serviks

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Jun. 2017 Kategori kesehatan

Mengetahui Fakta Terbaru Seputar Kanker Serviks,- Meninggalnya Julia Perez baru-baru ini masih meninggalkan duka bagi dunia hiburan Indonesia. Diketahui, ia meninggal dunia setelah berjuang menghadapi enyakit kanker serviks selama lebih dari 3 tahun.

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh manusia. Ada banya jenis kanker yang harus diwaspadai, salah satunya adalah kanker serviks. Kanker serviks sudah lama menjadi momok yang menakutkan bagi kaum hawa dan merupakan penyebab kematian peringkat teratas pada wanita menurut WHO.

Kanker serviks atau kanker leher rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik. Pada kenyataannya, sekitar 50% wanita akan terinfeksi HPV dan sebanyak 80% diantaranya baru diketahui saat berusia 50 tahun.

Selain itu, berikut ini beberapa fakta terbaru seputar kanker serviks yang harus diwaspadai, diantaranya adalah :

Tidak ada gejala

Umumnya kanker serviks ini tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Namun, ada beebrapa gejala khas yang seringkali diabaikan. Gejala yang paling sering biasanya seperti keputihan yang tisak sembuh dan terjadi secara terus menerus. Keputihan yang timbul terkait risiko kanker serviks umumnya tampak tak biasa. Keputihan yang dianggap berisiko yaitu berwarna kuning kehijauan. berbau, dan gatal. Padahal, dalam kondisi normal, keputihan biasanya berwarna bening atau putih serta tidak berbau dan tidak memicu rasa gatal di daerah organ intim.

Terjadi pada leher rahim

Leher rahim atau disebut juga serviks ini merupakan bagian dari bawah dari rahim yang menghubungkannya ke vagina. Sedangkan kankernya sendiri terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang tumbuh secara tidak terkendali di dalam serviks. Perlu digaris bawahi, jenis kanker ini bisa menyerang wanita pada usia berapapun, namun cenderung lebih sering terjadi pada wanita yang telah aktiv berhubungan secara seksual.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kanker serviks

Data Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan bahwa kanker serviks bersama kanker payudara menjadi kanker dengan tingkta prevalensi tertinggi di Indonesia. Padahal, pada prinsipnya, serviks bisa langsung terlihat ketika melakukan skrining sehingga dapat dilakukan deteksi dini.

Baru diperiksa pada stadium lanjut

70% penderita kanker serviks datang ke rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut. Hal ini terjadi karena ketika gejala muncul, mereka baru memeriksakan dirinya. Gejala kanker serviks pada stadium lanjut diantaranya adalah :

  • Nyeri panggul
  • Nyeri ketika berhubungan intim
  • Pendarahan setelah berhubungan intim
  • Muncul keputihan yang berbau menyengat
  • Menstruasi yang durasinya lebih lama dan lebih banyak dari biasanya

Sebenarnya keputihan belum tentu merupakan tanda dari penyakit. Keputihan bisa timbul sebagai akibat infeksi. Maka dari itu, perlu dilakukan pemeriksaan yang berkala.

Pengobatannya mudah

Tingkat kefatalan kanker serviks sebenarnya tergolong rendah, asalkan gejalanya telah terdeteksi sejak dini. Ini sesuai dengan panduan WHO, ‘screen with HPV-DNA, treat with cryotherapy’ sebab morbiditasnya sangat rendah. Selain itu, cryotherapy juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini menepis anggapan bahwa cryotherapy hanya bisa dilakukan di ruang operasi.

Bahkan, cryotherapy bisa dilakukan diklinik atau puskesma, dan pasien bisa berobat jalan dan murah. Dalam 2 minggu hasilnya sudah bagus.

Kanker serviks bisa dicegah

Telah diketahui, HPV merupakan penyebab kanker serviks. Dan kini telah tersedia vaksin HPV. Deteksi dini kanker serviks juga bisa dilakukan, yaitu papsmear dan IVA (Inspeksi Vagina dengan Asam Asetat). Sehingga penyakit kanker serviks ini bisa dicegah 100%.

Namun, masalahnya adalah mahalnya harga vaksin HPV. Namun, kita tentu berharap vaksin ini dapat di masukkan ke dalam program vaksinasi nasional, artinya pembiayannya ditanggung pemerintah, sehingga prevalensi kanker serviks di masyarakat Indonesia bisa diturunkan.

By Sri Maryati

Mengetahui Fakta Terbaru Seputar Kanker Serviks Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui Fakta Terbaru Seputar Kanker Serviks,- Meninggalnya Julia Perez baru-baru ini masih meninggalkan duka bagi dunia hiburan Indonesia. Diketahui, ia meninggal dunia setelah berjuang menghadapi enyakit kanker serviks selama lebih dari 3 tahun. Kanker...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *