Mengetahui Dampak Negatif Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Jul. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan kesehatan

Mengetahui Dampak Negatif Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi,- Tidak sedikit orangtua yang memilih menggunakan obat nyamuk, baik itu obat nyamuk bakar, semprot, oles, ataupun elektrik untuk mengusir nyamuk agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak tanpa adanya gangguan.

Pada prinsipnya, semua obat nyamuk memiliki khasiat yang sama, yaitu untuk membunuh dan mengusir nyamuk. Namun, obat nyamuk semprot masih menjadi favorit pada ibu untuk mengusir nyamuk. Ada pendapat bahwa obat nyamuk jenis ini tidak mengganggu pernapasan. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan obat nyamuk semprot, terutama jika memiliki bayi.

Faktanya, ketika obat nyamuk disemprotkan di ruangan, maka secara otomatis bayi juga akan ikut menghirup obat nyamuk tersebut. Kandungan zat kimia yang ada didalam obat nyamuk tersebut akan melewati hdiung, tenggorokan, paru, dan organ lainnya.

Hal ini tentu sangat membahayakan, mengingat organ bayi masih terus berkembang setelah lahir. Berbeda halnay dengan orang dewasa yang sudah memiliki organ tubuh yang sempurna, ketika terpapar obat nyamuk semprot, hati dan ginjal bayi belum matang, sehingga tidak dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

Terlebih lagi jumlah napas permenit bayi lebih banyak dari orang dewasa. Sehingga bayi akan menghirup obat nyamuk lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut ini merupakan beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai dampak obat nyamuk semprot bagi bayi, yaitu :

  1. Sebuah studi terhadap anak-anak Yaqui Indian di Meksiko menemukan fakta bahwa susunan fungsi otak dan sistem saraf anak-anak tersebut terganggu akibat terpapar obat nyamuk selama masa perkembangan. Gangguan ini juga berdampak pada perilaku sosial dan kemampuabn mereka untuk menggambar.
  2. Beberapa penelitian telah menghubungkan paparan obat nyamuk semprot selama kehamilan dan masa kanak kanak dengan kemungkinan ADHD. Para ahli juga mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang terpapar obat nyamuk semprot dapat meningkatkan risiko ini.
  3. Dengan menggunakan teknologi MRI, para periset menemukan bahwa paparan terhadap obat nyamuk semprot dapat mengubah arsitektur otak, terutama pada anak-anak.

Lebih mengkhawatirkan lagi, bayi yang merangkak pada karpet yang sering terpapar obat nyamuk semprot juga berpotensi terkena kandungan kimia yang dimilikinya. Maka dari itu, penting untuk mengurangi pemakaian obat nyamuk semprot di rumah. Untuk menghindarikan bayi dari gigitan nyamuk, lebih baik memilih kelambu yang diletakan diatas tempat tidur bayi agar lebih aman.

By Sri Maryati

Mengetahui Dampak Negatif Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui Dampak Negatif Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi,- Tidak sedikit orangtua yang memilih menggunakan obat nyamuk, baik itu obat nyamuk bakar, semprot, oles, ataupun elektrik untuk mengusir nyamuk agar si kecil bisa tidur dengan...
Anak dan Kehamilan kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *