Mengenal Penggumpalan Darah Di Otak Serta Bahayanya

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Apakah anda pernah mendengar penggumpalan darah di otak? Bekuan darah ini sebenarnya merupakan pertahanan alami yang dihasilkan tubuh pada saat ada kerusakan di pembuluh darah. Gumpalan darah ini terbentuk untuk menghentikan pendarahan yang terjadi. Tapi, gumpalan darah juga bisa terjadi ketika tubuh berpikir bila ada sel darah yang telah rusak secara internal sehingga penggumpalan darah di otak bisa terjadi.

Mengenal Penggumpalan Darah Di Otak Serta Bahayanya

Penyebab Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa terjadi karena berbagai penyebab diantaranya:

-Cedera kepala. Penyebab penggumpalan darah di otak adalah cedera kepala. Bahkan cedera kepala juga dapat menimbulkan gejala geger otak.

-Aterosklerosis. Aterosklerosis ialah penyempitan pembuluh darah yang terjadi karena lemak atau plak pada dinding arteri. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.

-Penggumpalan darah organ. Penggumpalan darah di otak dapat disebabkan karena adanya gumpalan darah yang terbentuk di organ hati.

Bahaya Penggumpalan Darah Di Otak

Penggumpalan darah di otak yang disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah ini dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti:

  • Lumpuh di salah satu sisi tubuh bagian kanan maupun bagian kiri.
  • Kesulitan berbicara
  • Masalah penglihatan
  • Kesulitan berjalan
  • Sakit kepala

Pengobatan Penggumpalan Darah Di Otak

Pengobatan penggumpalan darah di otak harus dilakukan sesegera mungkin supaya tidak mengembangkan berbagai komplikasi yang lebih serius dan berbahaya. Pengobata bisa secara medis yaitu dengan ventilator. Pengobatan pun secara tradisional.

Pengobatan Alami Penggumpalan Darah Di Otak

Bawang putih dan kunyit

Makanan yang baik untuk kesehatan otak adalah bawang putih dan kunyit. Hal ini dikarenakan keduanya mengandung anti inflamasi. bahkan kunyit mengandung kurkumin yang dapat menurunkan risiko peradangan serta mencegah inflamasi supaya tidak semakin parah. Inflamasi sendiri adalah penyebab utama dari penggumpalan darah di otak dan juga pengerasa arteri.

Delima dan jeruk bali

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung anti inflamasi, makanan lainnya yang baik untuk otak adalah buah delima dan jeruk bali. Hal ini dikarenakan buah delima memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk mengatasi gejala infeksi otak. Sedangkan buah jeruk bali mengandung pektin yang merupakan jenis larut air untuk mengurai kolesterol dan meminimalisir penyumbatan pembuluh darah di otak.

Tomat

Selain buah delima, tomat juga merupakan makanan yang baik untuk otak. Karena tomat memiliki kandungan karotenoid lycopene tinggi yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi risiko penggumpalan darah dan menjaga kesehatan sistem daraf otak.

Ubi jalar

Selain buah, ubi jalar juga termasuk makanan yang baik untuk otak. Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung banyak komponen penting seperti folat, vitamin C, serat, potasium, dan beta karoten yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol sehingga gumpalan darah di otak bisa berkurang.

Teh hijau

Salah satu manfaat teh hijau untuk kesehatan adalah dapat mencegah penggumpalan darah pada pembuluhd arah arteri. Karena teh hijau memiliki kandungan polifenol sejenis antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah penggumpalan darah pada pembuluh darah arteri dalam bentuk procyanidin.

Mengenal Penggumpalan Darah Di Otak Serta Bahayanya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Apakah anda pernah mendengar penggumpalan darah di otak? Bekuan darah ini sebenarnya merupakan pertahanan alami yang dihasilkan tubuh pada saat ada kerusakan di pembuluh darah. Gumpalan darah ini terbentuk untuk menghentikan pendarahan yang terjadi....
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *