Mengenal Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Kita

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Di dunia kesehatan terutama herbal, Ginseng telah dikenal sebagai salah satu tanaman (atau akar) yang dikenal untuk membantu mengatasi beragam jenis kondisi medis. Ginseng juga dikenal sebagai salah satu penambah stamina paling mujarab saat pertama kali diolah secara herbal di China.

Baik itu Ginseng dari Amerika ataupun Asia, keduanya sama-sama mempunyai khasiat yang tidak jauh berbeda, yang salah satunya yaitu meningkatkan stamina tubuh. Di dalamnya, Ginseng kaya akan asam folat, zat besi, mineral, serta enzim. Selain itu, terdapat vitamin di dalam ginseng pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C.

Sekarang ini, Ginseng termasuk tanaman yang tumbuh subur di Korea Selatan telah dikembangkan menjadi makanan dan minuman penambah energi, kosmetik, hingga sabun. Lalu, benarkah manfaat Ginseng hanya sampai situ saja? Jelas tidak.

Mengenal Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Kita

Mari Mengenal Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Kita.

  • Membantu meningkatkan stamina.

Zzat saponin pada ginseng berkhasiat menjaga stamina tubuh. Kandungan zat dan nutrisinya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan dan meningkatkan stamina tinggi. Ginseng aman dikonsumsi setiap hari. Ginseng juga sangat cocok diberikan untuk para atlet yang harus menjaga stamina secara konsisten.

  • Menghilangkan stres.

Saat stres berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan keluar dan menyebabkan beragam masalah kesehatan. Kandungan yang ada di dalam ginseng dapat membantu menghilangkan stres. Pada aroma yang dikeluarkan ginseng yang telah diolah (seperti direbus) dapat menenangkan pikiran. Ginseng juga biasanya digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Khasiat lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah suasana hati (mood), dan menghilangkan rasa lelah. Lebih dari itu, adaptogenik pada ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

  • Membantu melawan insomnia.

Keluhan gangguan tidur yaitu Insomnia juga dapat diatasi dengan ginseng. Hal ini terjadi karena zat gizi di dalam ginseng dapat terserap sempurna, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

  • Merangsang sistem saraf otak.

Sejumlah riset menyatakan ginseng dapat membantu meningkatkan memori otak dengan cara memperbaiki sel saraf otak. Dulu, ginseng memang sering dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti demensia. Secara tidak langsung, bisa dibilang ginseng berkhasiat meningkatkan kualitas hidup.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ginseng bersifat adaptogenik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya yaitu dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi di dalam darah, sehingga dapat melawan infeksi.

Walau dianggap aman, namun Ginseng juga memiliki beberapa efek samping, diantaranya sakit kepala, gangguan pencernaan, diare dll. Maka dari itu, konsumsi Ginseng sebagai pola hidup sehat harus diimbangi dengan makan-makanan bergizi, istirahat cukup dan olahraga teratur.

Posted by Hani.

Mengenal Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Kita Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Di dunia kesehatan terutama herbal, Ginseng telah dikenal sebagai salah satu tanaman (atau akar) yang dikenal untuk membantu mengatasi beragam jenis kondisi medis. Ginseng juga dikenal sebagai salah satu penambah stamina paling mujarab saat...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *