Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Dec. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips sehat online,- Berenang merupakan olahraga air yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, olahraga ini sama sekali tidak menggunakan gravitasi bumi karena aktivitas olahraga ini dilakukan di dalam air. Jadi, risiko kecelakaan pun sangat minim terjadi. Namun, Anda juga harus tetap menjaga keselamatan saat ada di kolam renang.

Baca Juga: Olahraga Ekstrim yang Memacu Adrenalin Namun Menyehatkan

Olahraga air berenang sangat cocok bagi anda yang mempunyai kelebihan berat badan (obesitas), ibu yang sedang hamil, serta penderita gangguan persendian tulang belakang atau arthritis, membentuk otot, meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru, menambah tinggi badan, melatih pernafasan, membakar kalori, menghilangkan stress, dll. Manfaat dari berenang ini akan dapat anda rasakan apabila dilakukan secara rutin serta dengan teknik yang benar juga. Maka dari itu mari mengenal jenis-jenis gaya renang serta manfaatnya.

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

  • Gaya bebas atau free style

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Ialah gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Renang gaya bebas sendiri adalah gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Renang gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang, baik yang sudah terlatih maupun para pemula.
Posisi renang gaya bebas

  1. Posisi dada menghadap ke permukaan air.
  2. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.
  3. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping.
  4. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
  • Gaya dada atau Breast Stroke

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Ialah gaya berenang yang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama.

Posisi renang Gaya dada atau gaya katak

  1. Posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.
  2. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.
  3. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan.
  4. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak.
  5. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.
  6. Mulialah belajar dengan berpegangan pada pinggir kolam terlebih dahulu, sambil gerakkan kaki seperti di atas.
  7. Terus ulangi gerakan kaki, sampai benar-benar lancar.
  • Gaya Punggung atau Back Stroke

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Ialah gaya berenang yang hampir mirip dengan gaya renang bebas. Namun, hanya saja gaya punggung memiliki posisi punggung yang menghadap kepermukaan air dan posisi wajah menghadap ke atas. Renang gaya punggung ini sudah dikenal sejak zaman kuno.

Posisi renang gaya punggung

  1. Berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.
  2. Dalam gaya punggung, gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas, namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.
  3. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.
  4. Sewaktu berlomba, berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.
  • Gaya Kupu-kupu atau Butterfly

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Posisi renang gaya kupu-kupu

  1. Posisi dada menghadap ke permukaan air.
  2. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.
  3. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Itulah beberapa jenis gaya renang serta manfaatnya yang bisa anda pelajari demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

| Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang Serta Manfaatnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online,- Berenang merupakan olahraga air yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, olahraga ini sama sekali tidak menggunakan gravitasi bumi karena aktivitas olahraga ini dilakukan di dalam air. Jadi, risiko kecelakaan...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *