Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Radang Tenggorokan

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Mar. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Tips sehat,- Gejala dan penyebab radang tenggorokan sangat penting untuk diketahui, supaya dapat melakukan pencegahan sejak dini dan juga bisa melakukan pengobatan sebelum bertambah parah. Radang tenggorokan termasuk penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi bila penyakit ini terus dibiarkan dapat mengganggu penderitanya.

mengenal gejala penyebab dan pencegahan radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah peradangan yang menyerang tenggorokan. Radang tenggorokan dibagi menjadi 2 jenis yaitu radang tenggorokan akut dan kronis. Radang tenggorokan akut ditandai dengan gejala sakit di tenggorokan yang disertai dengan demam dan batuk. Sedangkan radang tenggorokan kronis adalah radang tenggorokan yang telah berlangsung lama dan ditandai dengan gejala terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Radang tenggorokan yang berlangsung lama tidak sembuh-sembuh harus diwaspadai, biasanya berhubungan dengan penyakit lainnya seperti asam lambung tinggi, alergi, menurunnya daya tahan tubuh, cedera di bagian tenggorokan dan kualitas udara pernafasan yang buruk.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun penyebab yang paling sering adalah infeksi virus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya menimbulkan gejala yang ringan diantaranya gatal di tenggorokan, tenggorokan terasa kering dan terkadang nyeri, sering batuk dan bersin.

Sedangkan radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, proses penularannya telah terjadi 2-7 hari sebelumnya. Gejala radang tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri adalah demam tinggi, menggigil dan terasa nyeri tenggorokan ketika menelan minuman atau makanan.

Gejala Radang Tenggorokan

Mengetahui gejala radang tenggorokan sejak awal, maka anda dapat melakukan pengobatan sedini mungkin. Dan berikut adalah gejala-gejala radang tenggorokan yang harus diketahui yaitu diantaranya:

  • Terasa gatal di tenggorokan
  • Terasa kering pada tenggorokan
  • Terasa nyeri di tenggorokan
  • Tenggorokan terasa sakit saat menelan minuman maupun makanan.
  • Batuk
  • Pilek
  • Demam
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening leher

Pencegahan Radang Tenggorokan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit radang tenggorokan yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya banyak mengkonsumsi buah-buahan, banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, banyak minum air putih dan olahraga secara teratur. Bila daya tahan tubuh kuat atau meningkat, maka virus dan bakteri tidak akan mudah masuk. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, termasuk radang tenggorokan.

Cara mencegah radang tenggorokan supaya tidak kambuh

Bagi anda yang pernah mengalami radang tenggorokan, sebaiknya lakukan pencegahan supaya radang tenggorokan yang pernah anda alami tidak kambuh lagi. Berikut cara mencegah radang tenggorokan supaya tidak kambuh lagi diantaranya:

  • Hindari zat yang bisa memicu radang tenggorokan seperti asap kendaraan, debu dan asap rokok.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Pakailah masker saat di tempat keramaianPakailah masker saat di tempat yang terpapar polusi udara
  • Pakailah masker saat naik kendaraan motor

Tidak hanya mengetahui gejala, penyebab dan pencegahannya saja. Tapi ketahui juga cara mengatasi atau mengobatinya. Berikut adalah cara alami mengatasi radang tenggorokan diantaranya berkumur dengan air garam hangat, istirahat yang cukup, kurangi bicara berteriak saat suara serak, minum minuman yang hangat( teh hangat), banyak minum air putih, dan menggunakan ramuan alami seperti jeruk nipis, serai, daun pegagan, kunyit dan jahe.

Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Radang Tenggorokan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat,- Gejala dan penyebab radang tenggorokan sangat penting untuk diketahui, supaya dapat melakukan pencegahan sejak dini dan juga bisa melakukan pengobatan sebelum bertambah parah. Radang tenggorokan termasuk penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *