Mengenal Bunga Kecombrang dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Feb. 2018 Kategori manfaat

Mengenal Bunga Kecombrang dan Manfaatnya Bagi Tubuh,- Bunga merupakan salah satu bagian tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dan dapat digunakan untuk mempercantik rumah, tanaman, atau hal lainnya. Namun, apakah Anda tahu selain dapat mempercantik penampilan, beberapa jenis bunya juga ternyata memiliki manfaat yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya adalah bunga kecombrang.

Tanaman kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera elatior) masih dikelompokkan sebagai tanaman liar yang dapat tumbuh di sembarang tempat, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi, terutama di daerah pegunungan.

Yang mencolok dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna merah, bertangkai, dengan daun pelindung berwarna sama yang berbentuk jorong. Bunga ini berbentuk gasing, mahkota berbentuk tabung, berdaging dan melengkung.

Bunga kecombrang sering dijadikan olahan nikmat yang bisa memanjakan lidah Anda. Di Indonesia sendiri, bunga klecombran sering diolah menjadi sambal, ditumis bersama ikan yang diolah hingga dijadikan pepes.

Selain memiliki rasa yang enak, bunga yang memiliki nama lain Torch Ginger ini juga ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Orang-orang sering menggunakannya sebagai obat untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit, termasuk campak.

Berbagai Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat bunga kecombrang bagi tubuh ini. Salah satu yang terbaru adalah penelitian yang dilakukan oleh Ali Ghasemzadeh dan kawan-kawan dan sudah dipublikasikan di BioMed Central pada tahun 2015.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis Etlingera elatior di tiga lokasi berbeda di Malaysia (Kelantan, Pahang, dan Johor). Penelitian tersebut dihubungkan dnegan kandungan fenolik, flavonoid, dan tanin yang ada didalamnya.

Kemudian mereka menemukan bahwa berdasarkan aktivitas antioksidan dan antikanker, bunga kecombrang yang tumbuh di Kelantan merupakan sumber yang paling potensioal sebagai senyawa terapeutik.

Para peneliti juga membahas riset di tahun 2011 yang menyebutkan bahwa bunga kecombrang memiliki sifat antioksidan, antikanker, antibakteri, dan aktivitas sitotoksik. Selain itu, ekstrak metanol dari bunga kering kecombrang juga mengandung flavonoid, terpenoid, saponin, tanin, dan karbohidrat.

Misalnya flavonoid, ini merupakan senyawa yang sering ditemukan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan minuman tertentu. Flavonoid telah banyak digunakan untuk kepentingan farmasi. Hal ini disebabkan karena flavonoid memiliki efek biokomia dan antioksidan yang bermanfaat untuk berbagai penyakit, seperti kanker, Alzheimer, aterosklerosis, dan lain-lain.

Meskipun begitu, para peneliti menekankan pentingnya untuk mengacu pada parameter lingkungan jika ingin melihat efek menguntungkan dari tanaman obat ini. Pada bunga kecombrang memang ditemukan adanya aktivitas antioksidan dan antikanker, namun hal ini tetap memerlukan penelitian yang lebih lanjut dan mendalam.

By Sri Maryati

Mengenal Bunga Kecombrang dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengenal Bunga Kecombrang dan Manfaatnya Bagi Tubuh,- Bunga merupakan salah satu bagian tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dan dapat digunakan untuk mempercantik rumah, tanaman, atau hal lainnya. Namun, apakah Anda tahu...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *