Mengenal 3 Jenis Kanker yang Picu Timbulnya Mimisan

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Dec. 2017 Kategori kesehatan

Mengenal 3 Jenis Kanker yang Picu Timbulnya Mimisan,- Mungkin hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Mimisan adalah perdarahan yang terjadi dari hidung. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya selama beberapa detik, namun ada pula yang lebih dari 10 menit.

Kondisi ini cenderung menakutkan dan menyebabkan kepanikan, terutama jika terjadi pada anak-anak atau lansia. Akan tetapi, perlu diketahui jika mimisan atau epistaksis ini merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa.

Karena dialami oleh hampir semua orang, maka mimisan sering kali dianggap sebagai hal yang wajar. Faktanya, mimisan bisa terjadi secara spontan pada sekitar 80%-90% orang sehat terutama pada kelompok usia anak-anak.

Walaupun umum terjadi dan tidak membahayakan, namun jika mimisan yang terjadi cukup parah dan terlalu sering perlu diwaspadai. Karena beberapa penyakit serius, seperti kanker sering ditandari dengan gejala mimisan.

Berikut ini merupakan 3 jenis kanker yang picu timbulnya mimisan, diantaranya :

  • Limfoma

Limfoma berkembang pada limfosit (tipe sel darah putih) yang melawan infeksi. Limfosit yang abnormal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan mengurangi ketahanan terhadap faktor berbahaya dari luar. Penyakit hodgkin limfoma dan non-hodgkin limfoma (NHL) adalah dua jenis utama limfoma.

Karena kelenjar getah bening dan jaringan limfatik lainnya terjadi di seluruh tubuh, maka limfoma dapat timbul di hampir semua bagian tubuh, termasuk hidung atau sinus (bagian rongga hidung yang berisi udara di belakang tulang wajah). Pertumbuhan jaringan limfoid di hidung atau sinus dapat mengikis bagian dalam pembuluh darah dan menyebabkan mimisan.

  • Leukemia

Mimisan yang terjadi secara terus menerus bsia menjadi gejala leukemia. Orang dengan leukemia juga sering mengalami memar dan mudah berdarah. Leukemia merupakan kanker sel darah putih, yang menghambat darah putih dalam melawan infeksi. Ketika seseorang mengalami leukemia, maka sumsum tulangnya tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh.

Leukemia bisa akut atau disebut dengan acute myeloid leukemia (AML) dan kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL). Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit untuk diobati dibandingkan dengan leukemia akut. Ini merupakan jenis leukemia yang paling umum dari kanker darah.

Mimisan yang terjadi akibat leukemia mungkin akan sulit dihentikan, meskipun perdarahan yang terjadi biasanya tidak begitu berat. Selain mimisan dan mudah memar atau berdarah, kemungkinan juga terdapat gejala leukemia lainnya, seperti demam, berkeringat di malam hari, nyeri tulang, pembengkakan kelenjar getah bening, merasa lemas, dan berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas.

  • Karsinoma nasofaring

Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi pda nasofaring, terletak di bagian atas tenggorokan (faring), di belakang hidung. Karsinoma sel skuamosa aatu squamous cell carcinoma (SCC) adalah jenis kanker yang paling umum di daerah ini. SCC timbul dari jaringan lapisan hidung.

Mimisan berulang merupakan salah satu gejala umum dari karsinoma nasofaring. Kanker ini tiak hanya menyebabkan mimisan, tetapi juga bisa menyebabkan ingus yang keluar selalu mengandung bercak darah.

Mimisan karena karsinoma nasofaring terjadi pada salah satu sisi hidung dan biasanya tidak menyebabkan perdarahan berat. Sulit untuk mendeteksi karsinoma nasofaring pada tahap awal. Hal ini disebabkan karena nasofaring tidak mudah dikenali dan gejalanya mirip dengan kondisi lain yang umum terjadi. Kanker ini bisa menyebar ke bagian lain melalui jaringan, sistem limfa, dan aliran darah dan ke bagian tulang, paru-paru, dan hati (liver).

By Sri Maryati

Mengenal 3 Jenis Kanker yang Picu Timbulnya Mimisan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengenal 3 Jenis Kanker yang Picu Timbulnya Mimisan,- Mungkin hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Mimisan adalah perdarahan yang terjadi dari hidung. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *