Mengapa Perubahan Musim Membuat Kita Terserang Batuk dan Pilek?

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Oct. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Saat menghadapi perubahan musim, seperti musim hujan ke musim panas atau musim pancaroba seperti yang terjadi di Indoneisa, sebagian orang lebih mudah terkena penyakit batuk dan pilek.

Mengapa Perubahan Musim Membuat Kita Terserang Batuk dan Pilek?

Apa yang menyebabkan kita lebih mudah terserang batuk dan pilek saat perubahan musim yang terjadi? Hal ini dijelaskan langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam, yaitu Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, dari Rumah Sakit Carolus Jakarta seperti dilansir laman vemale.com.

Dokter tersebut mengatakan jika gejala utama influenza musiman yang paling sering adalah batuk, pilek, dan rasa panas di tubuh meskipun kadang tidak disertai kenaikan suhu tubuh. Tenggorokan juga terasa kering dan sakit untuk menelan.

Kondisi ini juga umum disebut sebagai panas dalam. Biasanya, orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah rentan mengalaminya. Termasuk pada anak-anak, lansia dan penderita penyakit kronis seperti Diabetes, pasien paska operasi, atau orang-orang yang memiliki pola makan buruk serta jarang berolahraga.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam menghadirkan gejala panas dalam, yaitu faktor eksternal seperti virus dan lingkungan, serta faktor internal berupa daya tahan tubuh.

Perubahan cuaca yang mengubah tekanan udara, suhu dan komposisi udara, menyebabkan kuman dan virus di lingkungan semakin berkembang. Bagi penderita alergi, meningkatnya serbuk sari dan debu di udara dapat memicu gejala alergi yang memperberat flu dan panas dalam.

Itulah ternyata, alasan dibalik seseorang menjadi lebih mudah untuk terserang batuk dan pilek saat musim hujan. Dengan melakukan pola hidup sehat

Posted by Hani.

Mengapa Perubahan Musim Membuat Kita Terserang Batuk dan Pilek? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saat menghadapi perubahan musim, seperti musim hujan ke musim panas atau musim pancaroba seperti yang terjadi di Indoneisa, sebagian orang lebih mudah terkena penyakit batuk dan pilek. Apa yang menyebabkan kita lebih mudah terserang...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *