Menderita Hipertensi ? Lakukan Diet Khusus Berikut

Diposkan oleh : pada tanggal 25 May. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat juga termasuk salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantug, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal.

Tekanan darah yang normal adalah kurang dari 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik. Sedangkan orang dengan tekanan darah tinggi memiliki ukuran tekanan sitolik 140 mmHg atau lebih dan tekanan diastolik 90 mmHg atau lebih.

Menderita Hipertensi, Lakukan Diet Khusus Berikut

Penderita hipertensi sebaiknya menerapkan pola makan khusus untuk memambntu menurunkandan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension merupakan pola makan sehat terbaru yang telah terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Diet DASH didasarkan pada prinsip-prinsip makan sehat, selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi, juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Diet inidapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Dalam diet ini tidak ada larangan makan, hanya pola makan sehat yang sangat beramnfaat.

Pola makan DASH berdasarkan pada total asupan kalori sebanyak 1.600 sampai 2.000 kalori perhari, disesuaikan dengan aktivitas harian Anda. Rinciannya adalah sebagai berikut :

  • 7-12 porsi buah dan sayuran
  • 6-11 porsi biji-bijian seperti gandum, barley, beras merah
  • 2-3 porsi produk susu rendah lemak
  • 3-5 porsi kacang-kacangan perminggu
  • Maksimal 6 prosi ikan atau daging rendah lemak
  • 2-3 porsi lemak baik, hindari lemak jenuh dan lemak trans
  • Maksimal 5 porsi camilan rendah gula dan rendah lemak per minggu

Untuk supan sodium, harus dibatasi maksimal 2.300 mg per hari untuk suia 14 tahun ke atas. Secara bertahap, kurangi lagi hingga mencapai hanya 1.500 mg per hari.

Menurut Dietary Guidelines, penelitian membuktikan adanya hubungan langsung antara tingginya asupan sodium dengannaiknya tekanan darah. Maka dari itu, setiap upaya mengurnagi sodium, patut mendapatkan dukungan. Untuk memastikan kecukupan nutrisi, konsumsilah makanan yang berasal dari sumber alami yang beragam jenisnya.

Lebih baik lagi jika Anda mau mempraktikanpola makan vegetarian dua hari dalam satu minggu. Ini artinya, tidak ada daging dan produk hewan lainnya, hanya sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga : Obat Darah Tinggi

Alih-alih tergantung pada garam sebagai penyedap rasa, lebih baik jika Anda bereksperimen dengan rempah-rempah segar. Pilihlah produk gandum utuh ketika membeli sereal atau pasta. Tambahkan kacang dan biji-bijian ke dalam sayur atau salad Anda.

Selain itu, jangan lupakan sumber protein rendah lemak seperti ikan, alpukat dan kacang-kacangan. Selain sumber protein,  mereka juga merupakan sukmber zat besi, seng, dan vitamin B.

Dan yang terakhir, cobalah untuk membiasakan diri menyediakan cemilan berbahan dasar sayur dan buah, misalnya wortel kukus dengan madu murni, kentang panggan, atau salad buah dan sayur.

Aturan dasar menjaga tekanan darah tinggi tidak kambuh adalah pola makan seimbang yang kaya akan nutrisi penyehat jantung dan pembuluh darah, menjaga berat badan tetap normal serta aktif secara fisik, seperti dengan berolahraga minimal 5 kali seminggu.

Selain itu, biaskana periksa tekanan darah Anda secara  berkala ke dokter, konultasikan dengan dokter mengenai jadwal pemeriksaan yang tepat untuk Anda.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu menjadi solusi dan referensi terbaik untuk Anda dan keluarga.

Menderita Hipertensi ? Lakukan Diet Khusus Berikut Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat juga termasuk salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantug, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Tekanan darah yang normal adalah...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *