Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Jun. 2017 Kategori kesehatan Tips Sehat

Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi,- Benjolan di leher merupakan salah satu tanda umum adanya limfoma atau kelenjar getah bening. Namun, bukan berarti setiap benjolan yang timbul di leher adalah limfoma. Karena benjolan yang timbul juga bisa disebabkan karena infeksi.

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk membedakan benjolan di leher karena limfoma atau infeksi ?

Mengenai cara membedakan benjolan di leher karena limfoma atau infeksi, Dr. dr. Andhika Rachman SpPD-KHOM, Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, menjelaskan, bahwa benjolan karena limfoma tidak terasa sakit jika di tekan, sedangkan akan terasa sakit jika benjolan tersebut disebabkan karena infeksi.

Menurutnya, limfoma itu painless atau tidak ada nyeri sama sekali pada benjilan. Namun, jika infeksi, seperti radang tenggorokan, benjolan di leher akan terasa sakit, juga sakit saat menelan. Rasa nyeri tersebut biasanya juga akan timbul di area sekitar benjolan. Benjlan ini biasanya juga keras jika ditekan dan cenderung diam bila digerakkan.

Andhika mengatakan, sistem saraf dan aliran darah di daerah leher sangat baik sehingga mudah membengkak jika terjadi masalah. Dalam kasus limfoma, benjolan pun biasanya tidak hanya timbul di satu tempat dan saat diraba seperti bergerombol. Sedangkan, benjolan karena infeksi biasanya hanya 1 saja.

Benjolan karena limfoma juga biasanya disertai dengan demam yang tidak terlalu tinggi, yaitu di bawah 38 derajat celcius. Selain di leher, benjolan juga bisa timbul di daerah ketiak. Namun, benjolan di ketiak juga bisa timbul karena infeksi, seperti radang folikel rambut dan terasa sakit. Jadi, jangan takut dan mengira setiap benjolan yang timbul di leher dan ketiak itu limfoma.

Mewaspadai timbulnya benjolan sebagai gejala limfoma memang diperlukan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dengan pasti. Jika benjolan yang timbul disebabkan karena infeksi, biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik dan tunggu beberapa hari. Jika memang benjolan tersebut benar-benar disebabkan oleh infeksi, maka akan mengecil.

By Sri Maryati

Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi,- Benjolan di leher merupakan salah satu tanda umum adanya limfoma atau kelenjar getah bening. Namun, bukan berarti setiap benjolan yang timbul di leher adalah limfoma. Karena...
kesehatan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *