Mata Bengkak Setelah Menangis? Atasi dengan Cara Berikut!

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Mar. 2018 Kategori tips

Mata Bengkak Setelah Menangis? Atasi dengan Cara Berikut!,- Ada banyak hal yang bisa membuat kita menangis. Tidak peduli seberapa tangguh atau seberapa cengeng Anda, kita semua pasti pernah menangis untuk satu dan lain hal. Sebenarnya menangis bermanfaat bagi manusia, karena dengan menangis, tubuh melepas adrenalin dan kortisol, meringankan stres yang menumpuk dalam sistem Anda.

Namun, setelah menangis, biasanya mata akan terlihat bengkaka atau sembab. Mengapa demikian ?

Mata bengkak setelah menangis disebabkan oleh kandungan yang ada pada air mata. Air mata yang keluar ketika menangis karena luapan emosi dianggap berbeda jika dibandingkan dengan air mata yang keluar ketika kita mengucek mata karena kelilipan atau menguap. Air mata karena sedih atau bahagia diduga mengandung lebih banyak air, hormon stres, dan mangan. Ketika air mata tersebut mengenai jaringan sekitar bola maka yang memiliki kadar garam tinggi, maka jaringan tersebut pun menjadi bengkak.

Kondisi mata yang bengkak akibat menangis tentu akan membuat siapapun merasa malu dan malas untuk keluar rumah. Berbagai cara pun dilakukan untuk menutupi atau menyamarkannya, misalnya dnegan memakai kacamata hitam. Namun, selain itu, sebenarnya ada cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang bisa dilakukan, yaitu seperti :

Kompres sendok

Jika Anda memiliki banyak wakyu sebelum kembali ke luar setelah menangis, cobalah masukkan sendok bersih ke dalma freezer kulkas selama 10-20 menit. Kemudian, tekan sendok dengan lembut langsung di bawah mata, mulai dari bagian mata dalam dan pijat mengarah ke luar. Lakukan hal ini secara bergantian untuk mata yang satunya.

Disaat yang sama, Anda bisa pijat lembut batang hidung selama beberapa menit sambil menutup mata. Fokus pada area di mana sepasang kacamata akan bertumpu. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan sinus, yang juga mengurangi pembengkakan.

Kompres dingin

Mengompres wajah dengan air dingin bisa mengecilkan mata bengkak. Yang perlu dilakukan hanyalah tiduran sambil memejamkan mata, kemudian letakkan handuk atau kain yang sudah diremdah dengan air dingin ke area mata selama 10 menit. Tindakan ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang membuat aliran cairan ke jaringan lunak di sekitar mata.

Kompres teh

Teh celup dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi bengkak. Caranya, celupkan 2 kantong teh ke dalam air es selama 10 menit, tekan ke kulit bawah mata sampai mencapai sudut luar mata. Pijat ringan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur tersebut beberapa kali.

Kompres iritas timun atau kentang

Ini termasuk cara klasik yang menjadi pedoman turun-temurun bagi banyak orang. Hal ini disebabkan karena mentimun dan kentang diketahui memiliki manfaat luar biasa untuk wajah. Potong 2 iris mentimun atau kentang segar, dan tempelkan di atas kedua mata. Biarkan selama 10-15 menit.

Sama halnya seperti teh celup, sensasi dingin dari timun dan kentang akan mengencangkan pembuluh darah. Selain itu, mentimun juga mengadnung antioksidan kuat, sedangkan kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut catecholase. Keduanya tidak berpengaruh pada pengurangan mata sembap, namun memulai ‘terapi gawat darurat’ dengan irisan timun yang ditindaklanjuti 5 menit kemudian dengan kentang akan mengempiskan kantung mata.

Untuk berjaga-jaga, pastika kepala Anda bersandar dengan nyaman di atas batal. Peninggian posisi ini disengaja untuk mencegah kelebihan cairan menggenang di wajah Anda.

Meninggikan kepala

Menghilangkan mata bengkak setelah menangis juga bisa dilakukan dengan mengurangi aliran darah mata. Caranya, jaga agar letak kepala lebih tinggi dari jantung. Jika ingin tiduran, disarankan untuk meletakkan bantal di bawah kepala.

Gunakan concealer

Penggunaan makeup memang menjadi salah satu cara yang mudah untuk menyamarkan mata bengkak akibat menangis. Sembunyikan kemerahan yang tersisa di wajah dan area bawah mata Anda dengan color correcting concealer warna kuning atau hijau. Oleskan di tempat yang bermasalah, dan baurkan hingga merata. Terakhir, bubuhkan bedak t abur atau padat untuk ‘mengunci’ concealer tetap di tempatnya.

Perlu diingat, segera tidur setelah menangis dapat menyebabkan mata sembab lebih parah akibat penggumpalan cairan karena mata tidak berkedip atau bergerak untuk mengeluarkan air mata. Jika Anda tidur, dalam posisi telentang letakkan bantal atau beberapa bantal di bawah kepala sebagai penyangga untuk lebih memungkinkan air untuk keluar dari wajah dan kepala.

By Sri Maryati

Mata Bengkak Setelah Menangis? Atasi dengan Cara Berikut! Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mata Bengkak Setelah Menangis? Atasi dengan Cara Berikut!,- Ada banyak hal yang bisa membuat kita menangis. Tidak peduli seberapa tangguh atau seberapa cengeng Anda, kita semua pasti pernah menangis untuk satu dan lain hal....
tips - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *