Masalah Kesehatan Ini Sering Mengintai Pekerja Kantoran

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Nov. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Masalah Kesehatan Ini Sering Mengintai Pekerja Kantoran,- Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko kesehatan yang berebda-beda. Misalnya, pekerja pabrik berisiko tinggi untuk mengalami gangguan pernapasan dan penyakit jantung karena jenis pekerjaannya yang berbeda dengan pekerja kantoran.

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa bekerja di kantor terlihat menyenangkan, ruangan sejuk, duduk di kursi emput, dan hanya berhadapan dengan komputer. Namun, perlu diketahui, pekerjaan tersebut bukan tanpa risiko kesehatan. Justru pekerjaan akan mendapatkan banyak tekanan hingga membuatnya lebih lama tinggal di ruangan ber AC dan terlalu lama duduk merupakan faktor yang bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Berikut ini masalah kesehatan yang sering mengintai pekerja kantoran yang perlu diketahu dan diwaspadai, diantaranya :

  • Masalah kesehatan mata

Masalah kesehatan mata sering menjadi langganan para pekerja kantoran, terutama mata merah, kelopak mata bengkak, mata iritasi, penurunan kemampuan penglihatan, sakit kepala dan pusing ketika berusaha untuk melihat keadaan sekitar (mata lelah).

Sebagian besar kondisi ini disebabkan karena penerangan ruangan yang tidak baik, seperti ketika Anda seharian bekerja di depan komputer atau gadget.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memperbaiki penerangan ruangan di kantor. Jika lampu ruangan terlalu redup, maka sebaiknya ganti lampu dengan cahaya yang lebih terang. Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan pelapis monitor yang membuat cahaya dari komputer tidak langsung merusak mata.

Anda juga sebaiknya memeriksa kesehatan mata setidaknya 1-2 kali dalam 1 tahun. Terlebih lagi jika telah menggunakan kacamata, maka risiko masalah keehatan mata yang mungkin Anda alami akan semakin besar.

  • Masalah pendengaran

Selain berisiko mengalami masalah pada mata, pekerja kantoran juga baerisiko mengalami maslaah pendengaran akibat hiruk pikuk suara yang terdengar saat bekerja. Beberapa penyebab yang mungkin saja membuat Anda mengalami gangguan pendengaran yaitu seperti suara hingar bingat dari gosip tetangga, dering telepon, komputer, ataupun peralatan elektronik yang mengeluarkan suara dan sering digunakan. atau juga bisa disebabkan oleh penggunaan headset dengan volume besar-besaran ketika Anda ingin fokus bekerja tanpa gangguan.

Jika Anda menggunakan headset sebagai peredam suara, pastikan bahwa Anda tidak menyalakan lagu terlalu kencang agar tidak merusak telinga. Jangan lupa juga untuk mengistirahatkan telinga dari headset yang digunakan. Lepas headset sesekali untuk memberikan telinga waktu untuk bernapas.

  • Masalah otot dan rangka

Pekerjaan sehari-hari yang menuntut Anda untuk duduk lama di depan komputer dapat mengubah postur tubuh, sehingga menyebabkan masalah otot dan rangka seperti nyeri punggung dan leher. Hal ini disebabkan karena, otot dan rangka tubuh sebenarnya dirancang untuk membuat Anda terus bergerak aktif. Ketika Anda berdiri dan berjalan, maka otot perut akan bekerja menegang untuk menopang tubuh, namun selama duduk, otot ini tidak digunakan. Akibatnya, otot dapat melemah.

Membungkuk ke depan ketika bekerja untuk melihat layar komputer menempatkan stres yang luar biasa pada leher, terutama pada bagian yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala. Postur yang buruk juga merusak otot punggung dan bahu, karena otot ini memanjang secara berlebihan untuk membungkuk di atas keyboard dalam waktu yang lama.

Masalah otot dan rangka juga bisa terjadi pada lengan, terutama pada pergelangan tangan yang aus karena terus menerus digunakan untuk mengetik.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memperbaiki postur tubuh ketika duduk. usahakan agar duduk dnegan posisi punggung yang tegak dan jangan membungkuk. Jika Anda bekerja di depan komputer atau gadget, maka sebaiknya posisikan gadget lururs dengan pandangan mata. Jadi tidak membuat Anda harus mendongat atau menunduk.

Jangan lupa juga untuk membiasakan diri berolahraga secara rutin. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana selama duduk di kantor untuk membuat otot tidak tegang.

By Sri Maryati

Masalah Kesehatan Ini Sering Mengintai Pekerja Kantoran Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Masalah Kesehatan Ini Sering Mengintai Pekerja Kantoran,- Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko kesehatan yang berebda-beda. Misalnya, pekerja pabrik berisiko tinggi untuk mengalami gangguan pernapasan dan penyakit jantung karena jenis pekerjaannya yang berbeda dengan pekerja...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *