Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui Melalui Kaki

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Oct. 2017 Kategori kesehatan Masalah Kesehatan

Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui Melalui Kaki,- Tubuh manusia memiliki keunikan tersendiri. Untuk menunjukkan bagian tubuh yang sakit, ia bisa mengirimkan sinyal melalui bagian tubuh yang lain, salah satunya yaitu melalui kaki.

Selain berfungsi untuk berjalan, kaki juag bisa menjadi jendela untuk melihat apakah ada masalah pada tubuh atau tidak. Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan melalui tanda-tanda yang ditimbulkan oleh kaki. Bahkan beberapa penyakit berbahaya juga bisa diketahui hanya dari kaki. Berikut ini masalah kesehatan yang b isa diketahui melalui kaki, diantaranya :

  • Diabetes

Penyakti gula atau disebut juag kencing manis ini ternyata bisa dilihat dari kaki. Gejala luka pada kaki yang sulit disebutkan meskipun kecil merupakan salah satu gejalanya. Penderita diabetes juga mengalami kerusakan saraf, sehingga mereka tidak merasakan nyeri yang timbul akibat luka-luka pada tungkai.

  • Trombosis

Kaki bengkak sebelah atau keduanya juag maerupakan gejala dari deep vein thrombosis (DVT). Trombosis merupakan gumpalan darah di dalam pembuluh darah yang dapat mengganggu aliran darah. Selain kaki bengkak, juga dapat timbul gejala lain berupa panas pada tungkai, perubahan warna kulit, nyeri dan mudah lelah.

  • Arterosklerosis

Arterosklerosis adalah penyumbatan plak pada pembuluh darah. Aliran darah menjadi terhambat ketika terjadi penyakit tersebut, sehingga kaki bagian tubuh paling bawah mendapatkan sedikit aliran darah. Hal tersebut memberikan gejala kulit kaki pucat, nyeri, dan kelemahan otot.

  • Masalah ginjal

Ketika ginjal tidak bekerja dengan semestinya, maka semua cairan dari tubuh tidak bisa dikeluarkan melalui urin. Hal ini dapat menyebabkan kaki bengkak. Selain itu, kaki terkadang terasa nyeri seperti kesetrum.

  • Masalah hati

Organ hati adalah satu-satunya organ yang bisa menyembuhkan diri sendiri. Kerusakan organ hati biasanya menunjukkan gejala ketiak sudah parah. Kaki bengkak merupakan salah satu gejala yang timbul akibat adalah masalah pada hati. Hal tersebut terjadi akibat masalah aliran darah anatara usus, limpa, pankreas, dan hati. Disamping itu, terdapat tanda merah pembuluh darah seperti laba-laba (spider nevi) pada tungkai.

  • Penyakit jantung

Jantung memiliki beberapa ruangan dan klep. Ketika ada kerusakan pada klep atau ruangan tersebut, maka dapat mengurangi kemampuan pompa jantung. Alhasil, cairan (darah) terakumulasi pada titik terendah tubuh, yaitu kaki. Selain kaki bengkak, penderita juag bisa merasakan nyeri.

  • Insufisiensi vena

Penyakit ini membuat darah sulit bergerak dari kaki ke jantung. Hal ini bisa disebabkan karena karena katup vena yang lemah atau rusak. Hal ini membuat kaki menjadi bengkak, terasa nyeri, berat, dan berubah warna karena pigmentasi.

  • Masalah kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Kekurangan hormon tiroid dapat memberikan gejala kaki bengkak, kaku otot, dan mudah kedinginan.

By Sri Maryati

Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui Melalui Kaki Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui Melalui Kaki,- Tubuh manusia memiliki keunikan tersendiri. Untuk menunjukkan bagian tubuh yang sakit, ia bisa mengirimkan sinyal melalui bagian tubuh yang lain, salah satunya yaitu melalui kaki. Selain berfungsi untuk...
kesehatan Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *