Masalah Kehamilan Yang Umum Terjadi

Diposkan oleh : pada tanggal 25 May. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan

Masalah Kehamilan Yang Umum Terjadi,- Tips sehat online kali ini akan membahas tentang masalah kehamilan yang umum terjadi. Bagi seorang yang sedang hamil, terlebih lagi pada trimester pertama kehamilan, sangat penting untuk menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Hal ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan kondisi janin di dalam kandungan. Ketika wanita hamil mengalami masalah kesehatan , maka bisa dipastikan bahwa janinnya pun akan mengalami masalah kesehatan sehingga pertumbuhannya bisa terhambat. Trimester pertama kehamilan adalah saat dimana kondisi janin masih sangat rawan dan masih sangat beresiko untuk mengalami berbagai penyakit berbahaya.

masalah kesehatan pada ibu hamil

Masalah Kehamilan Yang Umum Terjadi

1.Mual

Pada tiga bulan pertama anda akan mengalami morning sickness dengan pertumbuhan atau mood yang berantakan. Bagi ibu hamil yang sering mual, maka makanlah dengan porsi lebih kecil namun sering dari 3x sehari, jangn membiarkan perut kosong, hindari posisi berbaring setelah selesai makan, hindari makanan berlemak tinggi, gorengan, makanan pedas atau berminyak, hinari bau makan yang menyengat.

 

2.Sakit punggung

Selama masa kehamilan, tubuh anda akan meregang seiring dengan pertumbuhan janin anda. Hal ini menimbulkan tekanan dan ketegangan di punggung bawah dan panggul. Cara mengatasi sakit punggung saat hamil yaitu beristirahat lah lebih sering dengan matras yang mendukung. Berbaringlah di sisi kiri anda dengan bantal di antara lutut, di beakang punggung dan dibawah perut, berdiri tegak, pakai sepatu berhak rendah atau tanpa hak, jangan beridiri terlalu lama di satu tempat, berjongkoklah untuk mengambil sesuatu, jangan membungkuk kemudian bengkokkan lutut anda, berolahraga bila diijinkan oleh dokter.
3.Puting mengeluarkan cairan

Payudara anda akan mulai menyiapkan diri untuk menyusui, kadang-kadang anda akan merasa puting anda basah. Karena ASI yang mulai diproduksi oleh payudara anda pada trimeter ketiga kehamilan. Cobalah pakai BH yang baik dan tidak terlalu kencang, hindari BH yang memakai kawat pembentuk di waktu malam, pakai bantalan di dalam BH jika cairan keluar dari payudara anda.

4.Kram

Kram adalah masalah paling umum yang diderita oleh wanita hamil. Pada saat kehamilan, anda akan lebih merasakan kram pada otot betis, perut dan kaki. Kram biasanya terjadi pada malam hari. Bila adan mengalami hal tersebit , cobalah tingkatkan konsumsi cairan, kalsium dan potassium, beristirahat lebih sering dengan kaki terangkat disiang hari, selama kram luruskan kaki dan bengkokan telapak kaki ke arah depan, namun bila salah satu kaki anda terasa sakit terus-menerus maka konsultasi kepada dokter.

5.Sering buang air kecil

Anda juga akan sering buang air kecil, karena kandung kemih terdorong oleh janin yang ada didalam kandungan yang semakin bertumbuh, sehingga kapasitas kandung kemih berkurang. Namun jangan batasi konsumsi cairan, tapi coba untuk tidak banyak minum sebelum tidur, seringlah buang air kecil, hindari minuman berkafein, lakukan latihan kegel untuk mengencangkan dan mengontrol otot-otot sekitar vagina.

6.Kurang tidur

Selama kehamilan, jumlah hormon akan semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan anda lebih sering terjaga. Selain itu, rasa sakit yang anda rasakan akan membuat anda semakin sulit untuk tidur. Coba latihan-latihan relaksasi seperti meditasi, latihan pernafasan, jangan makan sebelum tidur, dan berbaringlah di sisi kiri anda dengan bantal di antara kaki di bawah perut.

7.Masalah kulit dan rambut

Masalah seperti stretch mark, kulit kering dan rambut rontok adalah beberapa masalah kulit dan rambut yang bisa jadi dialami oleh wanita hamil.

8.Sembelit

Perubahan hormon pada tubuh akan menyebabkan sembelit. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi makanan dengan kadar , serat dan air yang tinggi.

9.Sakit kepala

Beberapa wanita hamil akan mengalami sakit kepala akut selama beberapa minggu pertama kehamilan. Selain faktor hormon, mual dan muntah juga akan menyebabkab anda mengalami sakit kepala dan tenggorokan.

10.Mulas

Perubahan hormon dan pertumbuhan janin merupakan penyebab utama masalah kesehatan selama kehamilan., biasanya rasa mulas juga disertai rasa ingin untah. Jika terlalu parah, berkonsultasi kepada dokter demi kesehatan anda janin.

11.Pendarahan

Selama masa kehamilan bisa jadi anda mengalami beberapa kali mimisan dan masalah kesehatan mulut selama masa kehamilan. Selain itu, bisa juga mengalami pendarahan pada vagina pada bulan awal kehamilan. Bila anda mengalami masalah kesehatan tersebut , maka berkonsultasi kepada dokter.

12.Keputihan

Selama kehamilan, tingkat keputihan anda akan meningkat. Ini disebabkan karena dinding vagina akan menjadi lebih lentur, sehingga produksi lendir akan meningkat.

Masalah Kehamilan Yang Umum Terjadi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Masalah Kehamilan Yang Umum Terjadi,- Tips sehat online kali ini akan membahas tentang masalah kehamilan yang umum terjadi. Bagi seorang yang sedang hamil, terlebih lagi pada trimester pertama kehamilan, sangat penting untuk menjaga dan...
Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *