Manfaat Tidur Menghadap Ke Kiri yang Perlu Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Aug. 2017 Kategori kesehatan manfaat

Manfaat Tidur Menghadap Ke Kiri yang Perlu Diketahui,- Tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik disebutkan dapat membantu meningkatkan energi serta menjaga kesehatan tubuh. Namun, apakah Anda tahu, bahwa ternyata posisi tidur juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan ?

Pada umumnya dokter akan menyarankan seseorang untuk tidur miring, sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut. Beberapa orang percaya bahwa tidur miring menghadap kanan lebih baik daripada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Namun, faktanya tidak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tidur menghadap ke kiri yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

  • Mengurangi rasa mulas

Karena lambung terletak di sisi sebelah kiri, maka tidur dengan posisi ini dapat membantu mengurangi gejala asam refluks. Sebaliknya, tidur dengan posisi miring ke kanan dapat memperparah gejala ini. Jika kita sering merasakan sensasi panas di dada yang disebabkan karena naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan (heartburn) setelah makan, maka cobalah untuk berbaring miring ke kiri selama 10 menit.

  • Membantu melancarkan pencernaan

Tanpa disadari, tidur dengan posisi miring ke kiri ternyata selaras dengan arah gravitasi. Hal ini akan mempermudah makanan yang sedang dicerna untuk pindah dari usus besar ke dalam kolonn desendens. Dengan begitu, maka Anda cenderung lebih mudah untuk buang air besar di pagi hari. Selain itu, tidur dengan posisi miring ke kiri juga dapat membuat perut dan pankreas bergantung dengan alami. Hal ini dapat menjaga produksi enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya.

  • Memperkuat sistem limfatik

Tidur miring ke sisi kiri memungkinkan tubuh lebih efektif menyaring cairan getah bening dan kotoran melalui kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan karena sisten limfatik memang lebih dominan di sisi kiri. Selain itu, tubuh juga akan menjadi lebih mudah memproses material sisa dari otak.

  • Mengurangi tekanan tubuh

Manfaat tidur menghadap ke kiri yang terakhir yaitu mampu mengurangi tekanan tubuh. Adanya keselarasan dengan gaya gravitasi ternyata juga dapat memperlancar pengeluaran getah bening menuju sirkulasi aorta dari jantung yang nantinya dapat membantu mengurangi tekanan jantung. Selain mengurangi tekanan jantung, tidur dengan posisi miring ke kiri juga dapat mengurangi tekanan pada punggung dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin. Inilah alasan mengapa dokter seringkali menyarankan posisi tidur miring ke kiri pada ibu hamil.

Semoga bermanfaat.

 

By Sri Maryati

Manfaat Tidur Menghadap Ke Kiri yang Perlu Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Tidur Menghadap Ke Kiri yang Perlu Diketahui,- Tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik disebutkan dapat membantu meningkatkan energi...
kesehatan manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *