Manfaat Rebusan Kulit Salak Yang Baik Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Dec. 2016 Kategori Makanan Sehat

Salak, adalah salah satu buah yang cukup banyak ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia. Salak yang dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘Snake Fruit’ merupakan buah asli asal Indonesia lho. Buah yang satu ini disebut Snake Fruit atau buah ular dikarenakan kulit dari buah ini yang menyerupai sisik ular. Rasa dari buah ini juga manis, dan terkadang ada rasa kecut sepat namun masih tidak mengurangi orang-orang untuk tetap menyukainya.

Buah salak terbagi kedalam bebrapa jenis, dan yang terpopuler karena rasanya sangat disukai adalah salak pondoh, salak Bali dan salak Medan. Jika selama ini salak hanya kita makan buahnya saja, dan membuang kulitnya. Namun jika Anda belum tau ternyata kulit dari salak ini juga bermanfaat. Tentu saja kegunaan dari kulit salak ini tidak diperoleh melalui metode memakan kulit salak secara mentah-mentah karena kulit salak itu berbentuk runcing dan keras yang sudah pasti akan membuat gusi Anda terluka karenanya. Tetapi kulit salak tersebut bisa dimanfaatkan melalui metode pengolahan yang benar, yaitu dengan cara direbus kemudian diambil sari rebusan kulit salak tersebut.

Dalam kulit salak ditemukan beberapa kandungan bermanfaat, diantaranya karbohidrat, kalori, fosfor, kalsium, vitamin B, air, serta zat besi. Dengan mengkonsumsi 1 buah salak saja, Anda sudah ada kalsium sebanyak 28 mg, 4,2 mcg zat besi, dan juga fosfor sebanyak 18 mg. Melalui kandungan yang ada tersebut, buah salak benar-benar berperan aktif untuk sumber penyedia mineral dan serat pada tubuh.

Manfaat Rebusan Kulit Salak Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Kulit Salak Yang Baik Untuk Kesehatan juga tidak main-main. Berikut ini adalah rincian manfaat dari kandungan kulit salak untuk kesehatan.

1. Mencegah gangguan Sembelit.

Manfaat yang pertama dari kulit salak adalah mencegah sembelit. Kulit salak, memiliki sari serat yang tinggi dan karena hal inilah kulit salak juga dapat membantu memperbaiki masalah pada pencernaan Anda yang berhubungan dengan susahnya buang air besar. Dan buah salaknya sendiri juga memiliki kandungan Tanin, yangh akan membantu Anda mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti halnya diare.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat lain dari kulit salak adalah membantu menstabilkan tekanan darah, baik tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi. Metode pengolahannya kulit salak untuk mengobati tekanan darah tinggi, yaitu :

  • Ambil kulit buah salak.
  • Bilas hingga bersih menggunakan air.
  • Masukkan ke kuali (Jangan menggunakan kuali besi maupun aluminium).
  • Tuangkan air secukupnya saja.
  • Rebus memakai api kecil satu kali hingga airnya mendidih.
  • Saringlah kemudian minum airnya.
  • Kulit salak yang telah direbus tak boleh dipergunakan lagi.

Anda dapat meminum air rebusan dari kulit salak 1 L perhari. Anda sebaiknya terus rutin meminumnya hingga 2 minggu, jangan putus, dan Anda dapat membuktikan bahwa efek positifnya ke penyakit Diabetes kering benar-benar ada, di mana sebelumnya Diabetes kering yang sering melonjak naik bakalan berubah normal, serta tekanan darah pun menjadi lebih stabil.

3. Mengobati ambeien.

Lalu manfaat berikutnya dari kulit salak yaitu untuk membantu mengobati ambeien. Ambil 5 lbr daun salak, kemudian rebus daun salak tersebut menggunakan air sebanyak 2 gelas berukuran sedang. Campur air rebusan daun salak tadi dengan gula merah. Saringlah air rebusan itu, kemudian minum ramuan rebusan air kulit salak gula merah ini sebanyak minimal 2 kali perharinya.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted, by—Hani H.

Manfaat Rebusan Kulit Salak Yang Baik Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salak, adalah salah satu buah yang cukup banyak ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia. Salak yang dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘Snake Fruit’ merupakan buah asli asal Indonesia lho. Buah yang satu ini disebut...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *